UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DENGAN PERMAINAN EMPAT GAWANG TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2011/2012

SALAMAH, SALAMAH (2012) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DENGAN PERMAINAN EMPAT GAWANG TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (284Kb) | Preview

    Abstract

    The objective of research is to improve the skills and result study fifth grade students of State Primary School 2 Karangreja, physical education in basic technique competence of football with four-goal game. This research uses Classroom Action Research method conducted to all fifth grade students of state primary school 2 Karangreja by the number 31 students. Data collection techniques uses tests technique and observation. The tests were conducted on each end of the learning cycle which function to know the increase in learning students. The observation of students and researchers were carried out during the learning cycle process took place. Data analysis used was descriptive analysis data. Based on the result of the research can be concluded that teaching with four-goal game on football teaching fifth grade students of state primary school 2 Karangreja in 2011/2012 can increase the kick skill. The result achievement of classical study completeness get 35,48% then on the first cycle classical study completeness increase get 54,84%. At the second cycle of classical study completeness increase get very significant 93,55%. So can be concluded that football teaching with four-goal game can increased the kick skill on state primary school students 2 Karangreja in 2011/2012 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Karangreja mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kompetensi gerak dasar sepakbola dengan permainan empat gawang. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan terhadap semua siswa kelas V SD 2 Karangreja dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Tes dilakukan pada setiap akhir pembelajaran Siklus yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kemajuan pembelajaran siswa. Observasi terhadap siswa dan peneliti dilakukan selama proses pembelajaran siklus berlangsung. Analisi data yang digunakan adalah menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan empat gawang dalam pembelajaran sepakbola siswa kelas V SD N 2 Karangreja pada Tahun 2011/2012 dapat meningkatkan kemampuan menendang. Hasil pencapaian ketuntasan belajar klasikal mencapai 35,48 % kemudian pada siklus I ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 54,84 %. Pada siklus II peningkatan pencapaian ketuntasan belajar klasikal menjadi sangat signifikan menjadi 93,55 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sepakbola dengan permainan empat gawang dapat meningkatkan kemampuan menendang pada siswa SD N 2 Karangreja Tahun 2011/2012.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 19 Apr 2014 07:36
    Last Modified: 19 Apr 2014 07:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12228

    Actions (login required)

    View Item