UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DILENGKAPI MEDIA POWER POINT PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

GHUFRONI, M. YAHYA (2013) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DILENGKAPI MEDIA POWER POINT PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2362Kb) | Preview

    Abstract

    M. Yahya Ghufroni. EFFORTS TO IMPROVE LEARNING ACHIEVEMENT AND SOCIAL INTERACTION USING IMPLEMENTATION PROBLEM POSING METHOD WITH COMPLETED POWER POINT IN THE SUBJECT MATTER STOICHIOMETRY CLASS OF X SENIOR HIGH SCHOOL BATIK 2 SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2012/2013. Minor Thesis. Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University. June 2013. The aims of this research was: (1) to improve learning archievment of student in subject matter stoichiometry by applying of problem posing method with completed power point media, (2) to improve social interaction of student in subject matter stoichiometry by applying of problem posing method with completed power point media. This research was Classroom Action Research (CAR). This study conducted in two cycles, with each cycle consisted of planning, actions, observation and reflection. The subjects of this study were 32 students of X3 class in SMA Batik 2 Surakarta. The data were obtained by teachers and students and collection technique were test and non-test (observations, document review, and questionnaire). We used descriptive qualitative technique to analyze the data. The result of this research showed that the application of problem posing method could improve result learning and social interaction on subject matter Stoichiometry. The improvement quality of student archievement progress could be seen the increasing of cognitive test and affective test, while the improvement quality of social interactions could be seen from observations sheets and social interactions questionnaire. The percentation of cognitive test, affective test, observation, and social interaction questionnaire outcomes were 37,14%; 67,91%; 64,36%; and 64,93% on cycle I and 71, 43%; 72,83%; 70,79%; dan 74,40% on cycle II. Keywords: Problem Posing, learning archievement, social interactions, stoikiometri, SMA Batik 2 Surakarta M. Yahya Ghufroni. K3308097. UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DILENGKAPI MEDIA POWER POINT PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2013 Tujuan Penelitian ini adalah ; (1) meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Stoikiometri dengan menerapkan metode pembelajaran problem posing dilengkapi media power point, (2) meningkatkan interaksi sosial siswa pada materi Stoikiometri dengan menerapkan metode pembelajaran problem posing dilengkapi media power point. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Batik 2 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan non tes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem posing dilengkapi media power point dapat meningkatkan prestasi belajar dan interaksi sosial siswa pada materi pokok Stoikiometri. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari hasil tes kognitif dan tes afektif. Untuk peningkatan interaksi sosial dapat dilihat dari observasi langsung dan angket interaksi sosial. Persentase hasil tes kognitif, afektif, observasi langsung dan angket interaksi sosial siswa pada siklus I berturut-turut 37,14%; 67,91%; 64,36%; 64,93%. Untuk hasil yang diperoleh pada siklus II secara berturut-turut yaitu 71, 43%; 72,83%; 70,79%; dan 74,40%. Kata kunci: Problem Posing, Power Point, Prestasi Belajar, dan Interaksi Sosial, SMA Batik 2 Surakarta

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 19 Apr 2014 07:33
    Last Modified: 19 Apr 2014 07:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12226

    Actions (login required)

    View Item