PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B TK GENENGSARI 01 TAHUN 2012/2013

ERNAWATI, DENI (2013) PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B TK GENENGSARI 01 TAHUN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (185Kb) | Preview

    Abstract

    Deni Ernawati. PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B TK GENENGSARI 01TAHUN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak dalam pembelajaran di kelompok B TK Genengsari 01 dengan menerapkan metode proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Genengsari 01 yang berjumlah 22 anak didik dan satu guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode proyek dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak, dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke Siklus II. Peningkatan terjadi pada kondisi awal 27,27% ke siklus I 54,54%, walaupun belum sesuai dengan yang ditargetkan 80%. Pelaksanaan pada siklus II 86,36%, menyebabkan kemampuan bersosialisasi anak meningkat menjadi lebih baik, sehingga mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode proyek meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak dalam pembelajaran di kelompok B TK Genengsari 01 Polokarto Sukoharjo Tahun 2012 / 2013. Kata kunci : metode proyek, kemampuan bersosialisasi anak PROJECTMETHODIMPLEMENTATION TO IMPROVESOCIAL SKILLSOF CHILDREN IN GROUP B STUDENTS’ LEARNING OF TK GENENGSARI01YEAR2012/2013 Thesis, Faculty of Teacher Trainingand Education Sebelas Maret University Surakarta.July 2013. The purpose of this research is to improve the social skills of children in kindergarten learning in group B Genengsari 01 by applying project-method. This research is a classroom action research (CAR). The experiment was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects were group B students of TK Genengsari 01, amounting to 22 students and the classroom teacher. The results showed that through the implementation of the project method can improve the child social skills of the initial conditions to the first cycle and from cycle I to cycle II. Increase occurred from the initial conditions 27,27% to the first cycle 54,54%, althoughnot in accordance with the target 80%.Implementation in the second cycle 86,36% causes increased child social skills to be better, so that support aquality learning. Conclusion of this research Is implementation of the project method improve social skill sof children in group B students’ learning of TK Genengsari 01 Polokarto Sukoharjo Year 2012 / 2013. . Keywords: project method, ability child’s social skill

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 19 Apr 2014 07:27
    Last Modified: 19 Apr 2014 07:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12224

    Actions (login required)

    View Item