ADOPSI TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA PADA PELAKU UMKM AGRIBISNIS DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI KABUPATEN SLEMAN

Tarigan, Mei Jelani (2013) ADOPSI TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA PADA PELAKU UMKM AGRIBISNIS DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (144Kb) | Preview

    Abstract

    Mei Jelani Tarigan. H0809075. Adopsi Teknologi Sosial Media Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Agribisnis dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di Kabupaten Sleman. Dibimbing oleh Dr. Ir. Kusnandar, Msi dan Nuning Setyowati, SP. MSc. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Perkembangan teknologi informasi dan komputer pada masa sekarang ini telah menyebabkan terjadinya perubahan dalam perilaku manusia. Teknologi sosial media mempunyai manfaat dalam mendukung usaha bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi sosial media pada pelaku UMKM Agribisnis dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Metode dasar dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian di Kabupaten Sleman. Data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) kemampuan dalam menggunakan komputer berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan teknologi sosial media, 2) kemampuan dalam menggunakan komputer berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemanfaatan penggunaan teknologi sosial media, 3) pengalaman menggunakan komputer tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemanfaatan penggunaan teknologi sosial media, 4) persepsi kemudahan penggunaan teknologi sosial media berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemanfaatan penggunaan teknologi sosial media, 5) persepsi kemudahan penggunaan teknologi sosial media berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan teknologi sosial media, 6) persepsi kemanfaatan penggunaan teknologi sosial media berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan teknologi sosial media, 7) persepsi kemanfaatan penggunaan teknologi sosial media berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan teknologi sosial media, 8) sikap penggunaan teknologi sosial media tidak berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan teknologi sosial media, serta 9) pengalaman menggunakan komputer berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan teknologi sosial media. Mei Jelani Tarigan. H0809075. Adoption Social Media Technology In Micro Business Small and Medium (UMKM) Agribusiness approach Technology Acceptance Model ( TAM ) in Sleman Regency. Guided by Dr. Ir. Kusnandar, MSi and Nuning Setyowati, SP. MSc. Faculty of Agriculture. Sebelas Maret University. Surakarta. The development of information and computer technology at the present time has led to changes in human behavior. Social media technology is beneficial in supporting the business. This study aims to determine the factors that influence the adoption social media technology in UMKM Agribusiness to approach the Technology Acceptance Model (TAM). The basic method in this research is descriptive. Research sites in Sleman. The data used are primary and secondary data. Analysis of the data used is Structural Equation Modeling (SEM). The results have shown that 1) the computer self-efficacy significant influence on perceived usefullness to use technology social media, 2) the computer self-efficacy significant influence on perceived ease to use technology social media, 3) the experience of using the computer not significant influence on perceived usefullness to use technology social media, 4) perceived ease of use technology social media to significant influence on perceived usefullness to use technology social media, 5) perceived ease of use technology social media significant influence on attitudes towards the use of technology social media, 6) perceived usefullness to use technology social media significant influence to attitudes towards the use of technology social media, 7) perceived usefullness to use technology social media significant influence on the intention to use technology social media, 8) the attitude towards the use of technology social media not significant influence the intention to use technology social media, and 9) the experience of using the computer significant influence on the intention to use technology social media.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 19 Apr 2014 07:07
    Last Modified: 19 Apr 2014 07:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12217

    Actions (login required)

    View Item