PENGGUNAAN HANYU PINYIN DALAM PEMBELAJARAN PELAFALAN BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA TINGKAT DASAR DI INTERNATIONAL HOTEL MANAGEMENT SCHOOL SURAKARTA

ANAM, NIZAMUL (2012) PENGGUNAAN HANYU PINYIN DALAM PEMBELAJARAN PELAFALAN BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA TINGKAT DASAR DI INTERNATIONAL HOTEL MANAGEMENT SCHOOL SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (776Kb) | Preview

    Abstract

    Penulisan TA ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa mahasiswa International Hotel Management School baru mendapat mata kuliah bahasa Mandarin. Sehingga perumusan masalah pada penulisan TA ini adalah : 1). Bagaimanakah penggunaan Hanyu Pinyin dalam pembelajaran pelafalan bahasa Mandarin di International Hotel Management School. 2). Kendala apa sajakah yang dihadapi mahasiswa International Hotel Management School dalam mempelajari pelafalan bahasa Mandarin dengan menggunakan Hanyu Pinyin dan bagaimanakah solusinya. Adapun tujuan dalam penulisan TA ini adalah : 1). Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran pelafalan bahasa Mandarin dengan menggunakan Hanyu Pinyin di International Hotel Management School. 2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pelafalan bahasa Mandarin dengan menggunakan Hanyu Pinyin dan mencari solusinya. Dalam penulisan TA ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, kepustakaan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan Hanyu Pinyin dalam pembelajaran bahasa Mandarin di International Hotel Management School membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil latihan dan ulangan yang diberikan kepada para mahasiswa. Kendala yang ditemui dalam mengenalkan Hanyu Pinyin dalam pembelajaran bahasa Mandarin yaitu masih terfokusnya para mahasiswa pada Hanyu Pinyin yang tidak sesuai dengan ejaan baku yang diberikan oleh dosen sebelumnya. Solusinya adalah dengan aktif berlatih mengenal Hanyu Pinyin yang sesuai ejaan maka sedikit demi sedikit mereka akan terbiasa menggunakan Hanyu Pinyin dengan ejaan yang sesuai. Kesimpulan dari TA ini adalah bahwa pengenalan Hanyu Pinyin dalam pembelajaran bahasa mandarin pada siswa tingkat dasar di International Hotel Management School Surakarta ini cukup berhasil karena dengan menggunakan Hanyu Pinyin mereka dapat membaca dan mengenali Hanzi dengan lebih mudah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 19 Apr 2014 06:41
    Last Modified: 19 Apr 2014 06:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12196

    Actions (login required)

    View Item