PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nopiyanita, Tri (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (997Kb) | Preview

    Abstract

    Tri Nopiyanita. K3309080. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi reaksi redoks dapat meningkatkan kreativitas siswa, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-10 SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi reaksi redoks dapat meningkatkan kreativitas. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari kenaikan persentase siswa dengan kategori kreativitas tinggi pada siklus I sebesar 51,51 % menjadi 81,82 % pada siklus II, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi reaksi redoks. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari aspek kognitif dan afektif. Pada aspek kognitif ketuntasan siswa pada siklus I 42,42% meningkat menjadi 81,82% pada siklus II. Dari aspek afektif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase dari 72,31% pada siklus I dan 79,01% pada siklus II. Kata kunci : penelitian tindakan kelas, teams games tournament, kreativitas siswa, prestasi belajar Tri Nopiyanita. K3309080. TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) INSTRUCTION TO IMPROVE STUDENT’S ACHIEVEMENT AND STUDENT’S CREATIVITY IN REDOX REACTION OF CLASS X SMA NEGERI 3 SUKOHARJO ON ACADEMIC YEAR 2012/2013. Minor Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University, September 2013. The aims of the research were to know (1) whether the application of Teams Games Tournaments (TGT) in the redox reaction subject can improve the students’ creativity (2) whether the application of Teams Games Tournaments (TGT) can improve the students’ achievement of student learning in redox reaction subject. This was a classroom action research which was held in two cycles. The implementation phase of the cycle, consist of planning, action, observation, and reflection. The research subject was the students of class X-10 of SMA Negeri 3 Sukoharjo academic year 2012/2013. The data was obtained through interviews, observation, tests, and questionnaires. The data were analyzed using technique of qualitative descriptive analysis. The research’s results showed that, (1) Teams Games Tournament (TGT) instruction in the redox reaction subject could improve students’ creativity. The improvement of students’ creativity could be seen from the result which in the first cycle gained 51,51% and the second cycle gained 81,82 %, (2) Teams Games Tournament (TGT) instruction could improve students’ achievement of student learning in redox reaction subject. While students’ achievement learning outcomes progress could be seen from cognitive and affective aspect. In the cognitive, student mastery learning from 42,42% in the first cycle increased to 81,82 % in the second cycle. From the affective aspect, there was an improvement from 72,31% in the first cycle to 79,01% in the second cycle. Keywords: classroom action research, teams games tournament, students’ creativity, students’ achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 19 Apr 2014 06:30
    Last Modified: 19 Apr 2014 06:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12191

    Actions (login required)

    View Item