PENGEMBANGAN WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI PROGRAM IPTEKS BAGI KEWIRAUSAHAAN DI UNS

Hidayat, Yuniawan (2014) PENGEMBANGAN WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI PROGRAM IPTEKS BAGI KEWIRAUSAHAAN DI UNS. IKB, 9 (5).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (168Kb) | Preview

    Abstract

    Program Iptek bagi Kewirausahaan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan PPKwu dalam rangka mencetak wirausaha-wirausaha muda dari kalangan mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa, meningkatkan kecakapan dan ketrampilan mahasiswa yang telah memiliki usaha, mendampingi kegiatan usaha mahasiswa agar dapat berkembang dan mandiri. Kegiatan dari program ini meliputi pelatihan kewirausahaan, magang pemasaran, kunjungan lapang, pendampingan penyusunan rencana pengembangan usaha, pemberian modal untuk pengembangan usaha serta kegiatan pendampingan dan konsultasi usaha secara berkala. Dari berbagai jenis usaha yang telah dirintis tenant, sebagian besar tenant mengalami peningkatan kinerja pada usaha yang telah dijalankan. Peningkatan kinerja tenant dapat berupa penambahan variasi produk; perbaikan manajemen pengelolaan usaha melalui penetapan target pekerja untuk meningkatkan motivasi dan etos kerja, penciptaan merk, promosi, penyusunan strategi, pembangunan brand image; penambahan outlet; perluasan pemasaran termasuk melalui internet dan penambahan outlet; peningkatan kapasitas produksi ; Peningkatan kualitas usaha (kualitas produk dan layanan konsumen) sampai pada penambahan jenis usaha yang kesemuanya berdampak pada peningkatan omzet usaha baik secara langsung maupun tidak langsung. Kata kunci : Kewirausahaan, wirausaha dan mahasiswa

    Item Type: Article
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 05:45
    Last Modified: 17 Mar 2017 11:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12161

    Actions (login required)

    View Item