INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBUAT (ACTION LEARNING APPROACH)

Yusliana Ekawati, Elvin (2013) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBUAT (ACTION LEARNING APPROACH). , 1 (1). pp. 1-8. ISSN

[img] PDF - Published Version
Download (62Kb)

    Abstract

    Artikel ini membahas tentang internalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fisika.Model pembelajaran Kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan pembelajaran berbuat (Action Learning Appoach)dipilih untuk membenahi karakter siswa dalam pembelajaran Fisika.Pada pembelajaran ini, siswa secara berkelompok diberi tugas proyek oleh guru untuk sebuah proyek sosial yang relevan dengan materi Fisika yang sedang dibahas di dalam kelas. Hasil yang diharapkan dari penerapan strategi ini, siswa dapat menjadi lebih kreatif, mandiri, mampu bekerjasama dalam tim, memiliki kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi lisan yang lebih baik, sebagai warga masyarakat yang memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Untuk memantau kemajuan pembinaan karakter siswa tersebut,penilaian proyek dan penilaian sikap ilmiah perlu dimanfaatkan untuk mendukung keberhasilan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe GI dengan pendekatan pembelajaran berbuat ini.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ferdintania Wendi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:25
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1215

    Actions (login required)

    View Item