STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. INTAN PARIWARA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Intan Pariwara terhadap Produk DETIK-DETIK Ujian Nasional SD/MI Tahun 2012)

Putra, Muhammad Nur Adi (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. INTAN PARIWARA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Intan Pariwara terhadap Produk DETIK-DETIK Ujian Nasional SD/MI Tahun 2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (248Kb)

    Abstract

    Komunikasi Pemasaran menjadi kunci utama perusahaan dalam menyampaikan produknya kepada konsumen. Sekarang ini, perusahaan tidak hanya memikirkan bagaimana membuat produk yang baik, akan tetapi juga harus mempunyai strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produknya. Dalam penelitian ini, objek penelitian yang diambil adalah produk DETIK-DETIK Ujian Nasional SD/MI dari PT. Intan Pariwara. Dengan perkembangannya yang pesat, produk DETIK-DETIK Ujian Nasional SD/MI menjadi produk unggul di pasarnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran produk DETIK-DETIK Ujian Nasional SD/MI Tahun 2012 yang dijalankan PT. Intan Pariwara. Tujuan yang ingin dicapai sehubungan dengan masalah yang akan diteliti yaitu untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran PT. Intan Pariwara untuk produk DETIK-DETIK Ujian Nasional SD/MI Tahun 2012. Dalam merumuskan strategi diperlukan dukungan konsep-konsep teori yang teruji kebenarannya. Penelitian ini menggunakan konsep yang dikemukakan Philip Kotler, yaitu strategi tarik (pull strategy) dan strategi dorong (push strategy) sebagai acuan dalam menjalankan perencanaan komunikasi pemasaran efektif beserta pengimplementasiannya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan atau fenomena social tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan data kepustakaan. Peneliti menarik beberapa narasumber untuk menjadi responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam memasarkan produk DETIK-DETIK Ujian Nasional SD/MI 2012. PT. Intan Pariwara melakukan strategi komunikasi pemasaran berupa strategi tarik dan dorong dengan mengawali dari penyusunan perencanaan komunikasi pemasaran efektif. Setelah itu diimplementasikan dengan mengacu kepada strategi komunikasi pemasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi tarik dan dorong difokuskan kepada kegiatan komunikasi pemasaran berupa bauran promosi yang dijalankan perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 19 Apr 2014 05:08
    Last Modified: 19 Apr 2014 05:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12141

    Actions (login required)

    View Item