Pemetaan dan Analisis Kompetensi Peserta Didik SMA Berbasis Ujian Nasional serta Alternatif Pemecahannya (Penelitian Kebijakan di Kab. Karanganyar, Kab. Sragen, Kab. Grobogan Provinsi Jawa Tengah)

Murtini, Wiedy and Nurkamto, Joko and Suwandi, Sarwiji and SAJIDAN, and Sugiyanto, and Ashadi, and Triyanto, and Sukarmin, and Rochani, Siti (2011) Pemetaan dan Analisis Kompetensi Peserta Didik SMA Berbasis Ujian Nasional serta Alternatif Pemecahannya (Penelitian Kebijakan di Kab. Karanganyar, Kab. Sragen, Kab. Grobogan Provinsi Jawa Tengah). .

[img] Microsoft Word (pemetaan, analisis, kompetensi, pesertadidik) - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Untuk mengendalikan mutu pendidikan secara nasional, pemerintah melalui Kemendiknas mengadakan evaluasi secara menyeluruh kepada siswa di akhir tahun pembelajaran. Sistem evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah berupa ujian yang disebut dengan Ujian Nasional. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa belum terjadi peningkatan mutu secara berarti yang diindikasikan dari perolehan UN mulai sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah (SMP, SMA) masih rendah dan tidak mengalami peningkatan yang berarti. Penelitian ini diabdikan untuk dapat memotret berbagai factor penyebab kegagalan, demikian juga keberhasilan pendidikan pada setiap kabupaten/kota pada setiap wilayah yang diteliti, dengan judul Pemetaan dan Analisis Kompetensi Peserta didik Sekolah Menengah Atas untuk Mata Pelajaran Ekonomi dan Geografi serta Alternatif Pemecahannya. Tujuan penelitian kebijakan ini adalah mengungkap peta kompetensi peserta didik SMA pada tiap kompetensi dasar, mengungkap factor penyebab peserta didik tidak menguasai pokok bahasan tertentu, menemukan rumusan alternative pemecahan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik, dan merumuskan model implementasi pemecahan masalah dengan menyertakan berbagai institusi terkait. Penelitian kebijakan ini merupakan penelitian survei, dengan teknik pengumpulan data melalui pendekatan kepustakaan dan pendekatan lapangan. Penelitian dilakukan di tingkat SMA yang terletak di wilayah Kabupaten Karanganyar, Sragen, dan Grobogan. Data dan informasi yang terkumpul dari lapangan dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan dukungan data yang bersifat kuantitatif.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 19 Apr 2014 04:48
    Last Modified: 19 Apr 2014 04:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12128

    Actions (login required)

    View Item