Prototipe Pembekalan Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Multiaspek, Kolaboratif, Dan Sintesis Keunggulan Sumber Belajar – Pengembangan Media Pembelajaran

Kristiyanto, Agus and Margono, Agus and Sunardi, (2011) Prototipe Pembekalan Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Multiaspek, Kolaboratif, Dan Sintesis Keunggulan Sumber Belajar – Pengembangan Media Pembelajaran. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    Penelitian HIKOM ini bertujuan untuk : (1) melakukan penajaman aspek pragmatis model pembekalan kompetensi calon guru pendidikan jasmani, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran yang berkontribusi bagi pelaksanaan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM/ PAIKEM). Pengembangan media aplikatif dan implementatif dilakukan melalui azaz-azas pembekalan : (a) kompetensi multi aspek, yakni menyangkut aspek pedagogis, kepribadian, profesional, dan sosial (b) kolaboratif, yakni proses pembekalan harus melibatkan pihak lain yang relevan dan kompeten, dan (c) sharing keunggulan sumber belajar, yakni memanfaatkan keunggulan sumber belajar yang ada di perguruan tinggi (kampus) dan keunggulan-keunggulan yang mungkin ada di sekolah mitra. Kegiatan penelitian merupakan kegiatan penelitian yang menerapkan kombinasi dari berbagai pendekatan. Pendekatan yang digunakan meliputi: Studi Kepustakaan, Survey Deskriptif, Focus Groups Disccusion (FGD), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Angket serta tahap-tahap tertentu dari sebuah penelitian tentang Analisis Kebijakan dan penelitian pengembangan. Serangkaian kegiatan penelitian tentang prototipe pembekalan kompetensi pembelajaran pendidikan jasmani berbasis multiaspek, kolaboratif, dan sintesis keunggulan sumber belajar pada tahun ke-2 (2011), disamping menghasilkan rekomendasi dan prototipe pengembangan media pembelajaran, juga mengarah untuk menghasilkan beberapa produk, yaitu : (1) artikel hasil penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi/ jurnal internasional; (2) Pola minimal Draft buku yang berisi: petunjuk teknis prosedur pengembangan media pembelajaran pendidikan jasmani inovatif, (3) Buku Ajar “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga”, (4) Modul untuk PLPG sertifikasi guru: “Model, Media dan asesmen Pembelajaran Penjasorkes”, (5) Peneliti diundang peers/ komunitas penjasorkes/ institusi lain/ perguruan tinggi lain untuk menjadi narasumber seminar nasional, dan (6) peneliti diundang peers/ komunitas penjasorkes/ institusi lain/ perguruan tinggi lain untuk menjadi narasumber kegiatan pelatihan teknis penelitian yang relevan dengan penelitian HIKOM. Beberapa saran strategis dapat diajukan sebagai berikut: 1. Perlu dikembangkan berbagai model lanjutan terkait dengan upaya-upaya meminimalkan faktor kesulitan mahasiswa terhadap berbagai komponen substansi pengembangan media pembelajaran. Belajar apapun akan optimal hasilnya jika disertai dengan upaya meminimalkan faktor kesulitan yang sifatnya teknis maupun non teknis. Pembekalan harus merupakan sebuah solusi atas kesulitan dalam tataran yang sifatnya individual maupun kolektif. 2. Sekolah mitra bukan sekadar sekolah latihan bagi para praktikan untuk mengisi hari-hari panjang selama PPL, tetapi harus dikonsepkan secara formal sebagai mitra untuk “belajar dan membelajarkan” kompetensi secara lengkap dan mendasar. Hal tersebut sangat terkait dengan proses pembekalan kompetensi multi aspek, kolaboratif, dan sharing keunggulan sumber belajar. Proses penerapan siklus PTK juga harus terfasilitasi oleh kemampuan guru pamong dalam membantu praktikan belajar “mengajar sambil meneliti, meneliti sambil mengajar”. 3. Produk-produk atau outcome penelitian merupakan sesuatu yang harus teraplikasikan dan bukan merupakan “barang yang sudah jadi”. Tetapi harus dipahami sebagai sesuatu yang “sedang menjadi”, sehingga luar biasa jika produk penelitian selalu didiseminasikan dan di-review dari dan untuk stake holder yang lebih bervariasi dan lebih luas.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 19 Apr 2014 04:09
    Last Modified: 19 Apr 2014 04:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12114

    Actions (login required)

    View Item