MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN TEKNIK MULTIMETODE PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 1 SDLB NEGERI KALIWUNGU KUDUS TAHUN 2012/2013

Supar, Supar (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN TEKNIK MULTIMETODE PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 1 SDLB NEGERI KALIWUNGU KUDUS TAHUN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (554Kb) | Preview

    Abstract

    SUPAR: MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PER MULAAN DENGAN TEKNIK MULTIMETODE PADA SISWA TUNA GRAHITA KELAS 1 SDLB NEGERI KALIWUNGU KUDUS TAHUN 2012/2013 Skripsi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2013 Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan teknik multimetode pada siswa kelas 1 SDLB Negeri Kaliwungu Kudus tahun 2012/2013 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas 1 SDLB Negeri Kaliwungu Kudus yang berjumlah10 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes/evaluasi dan observasi. Validitas data menggunakan observer teman sejawat dan pembuatan kisi-kisi soal. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan teknik multimetode dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan dari prasiklus ke siklus 1, dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran prasiklus bersifat teacher centered sehingga hasil keterampilan membaca rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. Keterampilan membaca permulaan siswa meningkat walaupun belum optimal. Dalam pelaksanaan siklus II keaktipan dan kemandirian belajar siswa meningkat sehingga proses pembelajaran menjadi berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah bahwa dengan teknik multimetode dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 tunagrahita SDLB Negeri Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Kata sandi: Multimetode, keterampilan membaca permulaan, SDLB Kaliwungu Kudus. SUPAR: IMPROVING THE BEGENNING READING SKILL USING MULTI-METHOD TECHNIQUE IN THE MENTAL RETARDED FIRST GRADE OF SDLB NEGERI KALIWUNGU KUDUS IN 2012/2013 Thesis, Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University, Jule 2013. The objective of research was to improve the beginning reading skill using multi-method tehnique in the mental retarded first grade of SDLB Negeri Kaliwungu Kudus in 2012/2013. This study was a classroom action research conducted in 2 cycles, in which each cycle had four stages: planning, acting, observing and reflecting. The subject of research was the mental retarded first grade of SDLB Negeri Kaliwungu Kudus consisting of 10 student. The data source derived from teachers and students. Techniques of collecting data used were documentary, observation, and test/assessment methods. The data validation was conducted using peer-observer and draft question development. Tecnique of analizing data used was a descriptive comparative analysis one. This result of classroom action research showed that the learnig using multi-method technique could improve the beginning reading skill from pre-cycle to cycle, from cycle I to cycle II. The pre-cycle learning process was teacher-centered in nature, thus the reading skill outcome was still low. The improvement occurred in cycle I. The student’s beginning reading skill improved despite less optimally. In the implementation of cycle II, student’s activeness and learning independency improved up to the high-quality learning process. The conclusion of research was that multi-method technique could improve the beginning reading skill of the mental retarded first graders of SDLB Negeri Kaliwungu Kudus in 2012/2013. Keywords: Multi-method, beginning reading skill, SDLB Kaliwungu Kudus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 18 Apr 2014 23:52
    Last Modified: 18 Apr 2014 23:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12097

    Actions (login required)

    View Item