ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP HASIL PRODUKSI KAIN GREY PADA PT. ISKANDAR INDAH PRINTING TEXTILE

MARCHELLA, MARIA (2013) ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP HASIL PRODUKSI KAIN GREY PADA PT. ISKANDAR INDAH PRINTING TEXTILE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (466Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP HASIL PRODUKSI KAIN GREY PADA PT. ISKANDAR INDAH PRINTING TEXTILE MARIA MARCHELLA F3510049 Produktivitas kerja merupakan perolehan manajemen, sumber daya manusia, informasi dan waktu untuk menghasilkan barang dan jasa. Produktivitas kerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya mencakup lingkungan kerja, keterampilan, pengetahuan, motivasi dan sebagainya. Produktivitas merupakan suatu kinerja ekonomi yang membandingkan seberapa banyak yang dapat kita produksi dengan sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi. Semakin banyak output produksi yang merupakan sumber daya yang lebih sedikit, produktivitas semakin tumbuh dan semakin banyak orang yang diuntungkan. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produktivitas tenaga kerja dan beban kerja pada perusahaan PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta serta mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat produktivitas yaitu motivasi, kedisiplinan, etos kerja, ketrampilan, dan pendidikan. Analisis yang digunakan dalam pengukuran tingkat produktivitas adalah work load analysis dan work force analysis yaitu penentuan kebutuhan dengan memperhitungkan beban kerja, tingkat absensi dan tingkat turn over tenaga kerja. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi teknik analisis data ini dikategorikan dalam penelitian deskripsi yaitu mendapatkan gambaran atau deskripsi secara sistematis mengenali produktivitas tenaga kerja yang akan menghasilkan produk perusahaan. Dari beberapa data perusahaan yang diimplementasikan dengan metode work load analysis dapat diketahui kebutuhan tenaga kerja pada bulan Oktober dengan 208 jam, bulan November 197 jam, dan bulan Desember 192 jam. Dengan work force analysis pada bulan Oktober tingkat absensi sebanyak 1,04%, jumlah absensi pada bulan November sebanyak 1,23%, jumlah absensi pada bulan Desember sebanyak 1,58%. Hasil analisis produktivitas merupakan nilai jual barang pada setiap tahap produksi berdasarkan pada jumlah karyawan yang bekerja. Karena tinggi rendahnya nilai jual produk sangat dipengaruhi oleh jumlah karyawan PT. Iskandar Indah Printing Textile, serta pemberian motivasi kepada karyawannya dan perbaikan fasilitas, akan meningkatan produktivitas sehingga tenaga kerja dapat memanfaatkan waktu kerja dengan sebaik-baiknya. Kata kunci: Produktivitas, tenaga kerja, dan beban kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 18 Apr 2014 23:50
    Last Modified: 18 Apr 2014 23:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12096

    Actions (login required)

    View Item