UPAYA PENINGKATAN PENGENALAN PENGETAHUAN PERISTIWA ALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK ADINDA MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN 2012/2013

Faidatun, Nugraheni (2013) UPAYA PENINGKATAN PENGENALAN PENGETAHUAN PERISTIWA ALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK ADINDA MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (495Kb) | Preview

    Abstract

    Nugraheni Faidatun. X8111015.UPAYA PENINGKATAN PENGENALAN PENGETAHUAN PERISTIWA ALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAKKELOMPOK B TK ADINDA MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengenalan pengetahuan peristiwa alam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B TK Adinda Mojolaban Sukoharjo Tahun 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dengan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan, dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian iniadalah anak dan guru kelompok B TK Adinda Mojolaban Sukoharjo Tahun 2012/2013 dengan jumlah 16 anak didik yang terdiri dari 6 laki-laki dan 10 perempuan serta 2 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengenalan pengetahuan peristiwa alam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B Di TK AdindaMojolaban Sukoharjo Tahun 2012/2013, dengan perolehan nilai pada pratindakan nilai ketuntasan mencapai 18,8%, kemudian dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai ketuntasan mencapai 62,5% dan pada siklus II menjadi 87,5%. Simpulan penelitian ini adalah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan pengenalan pengetahuan peristiwa alam pada anak kelompok B TK Adinda Mojolaban Sukoharjo Tahun 2012/2013. Kata kunci:Metode Eksperimen, Pengenalan Pengetahuan Peristiwa Alam Nugraheni Faidatun. X8111015.THE EFFORT OF NATURAL PHENOMENON KNOWLEDGE ACQUAINTANCE BY USING EXPERIMENT METHOD FOR THE GROUP B STUDENT IN ADINDA KINDERGARTEN MOJOLABAN SUKOHARJO IN A YEAR OF 2012/2013. Research Paper. Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas MaretUniversity. Surakarta, Augustus 2013. The purpose of this Classroom Action Research is to improve the natural phenomenon knowledgeacquaintance by using experiment method for the Group B student in Adinda Kindergarten Mojolaban Sukoharjo in 2012/2013. This of research is action research class using two cycles with each cycles there are two meetings, and each cycles consists of our stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research are the students and the teachers of Adinda Kindergarten Group B Mojolaban Sukoharjo in 2012/2013that consist of 16 students; 6 boys and 10 girls, and 2 teachers. Data collection techniques using tests, observation, interview, and documentation. Data validity using by triangulation techniques. Techniques of data analysis using an interactive model analysis technique which consists of three components, namely the analysis of data reduction, presentation of data and drawing conclusions or verification. Results of this Class Action Research shows the using of experiment method can improve the acquaintance of natural phenomenon knowledge for the Group B student in Adinda Kindergarten Mojolaban Sukaharjo in 2012/2013, with the thoroughness of the pre action, the score completeness is 18,8%, then the action in the first cycle becomes 62,5%, and in the second cycle can reach to 87,5%. The conclusion of this research is the using of experiment method can improve the acquaintance of natural phenomenon knowledge for the Group B student in Adinda Kindergarten Mojolaban Sukaharjo in 2012/2013. Keywords : Experiment method, Natural Phenomenon Knowledge Acquaintance.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 18 Apr 2014 23:32
    Last Modified: 18 Apr 2014 23:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12092

    Actions (login required)

    View Item