PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI COOPERATIVE LEARNING

Habiburrohman, and Samidi , and Sadiman, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI COOPERATIVE LEARNING. .

[img] PDF - Published Version
Download (759Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : Untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2009/2010 Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing) dan Refleksi ( Reflecting). Sebagai Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan informasi tentang keaktifan siswa didalam mengikuti proses belajar mengajar. Tes tertulis digunakan untuk mengukur pencapaian siswa setelah pelaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh adalah prestasi belajar. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran IPS sebelum dan sesudah penelitian dilakukan. Tehnik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu : reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar IPS yang diperoleh siswa dari sebelumnya. Pada tes awal 50; kemudian pada tes siklus pertama 64,44; menjadi 75,25 pada siklus kedua. Kemudian adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 25,92%; dan pada tes siklus pertama 70,37%; kemudian pada siklus kedua menjadi 88,89%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran Cooperative Learning Model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 836 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 00:27
    Last Modified: 17 Mar 2017 11:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1209

    Actions (login required)

    View Item