STUDI KOMPARASI INSTAD DIPADU PETA KONSEP DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Iswandari, Rizti (2013) STUDI KOMPARASI INSTAD DIPADU PETA KONSEP DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (170Kb) | Preview

    Abstract

    Rizti Iswandari. K4309071. STUDI KOMPARASI INSTAD DIPADU PETA KONSEP DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi antara model INSTAD dipadu peta konsep dengan pembelajaran konvensional siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) yang menggunakan desain penelitian Post-test Only with Nonequivalent Groups. Penelitian ini menerapkan INSTAD dipadu peta konsep pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas perbandingan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Sampling. Kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas perbandingan. Pengumpulan data menggunakan tes uraian (untuk mengambil data keterampilan proses sains dan hasil belajar kogntif), lembar observasi (untuk mengambil data hasil belajar afektif dan psikomotor), data sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis keterampilan proses sains adalah 11,218 dengan signifikansi 0,000. Hasil belajar kognitif adalah 10,247 dengan signifikansi 0,000. Hasil belajar afektif adalah 4,178 dengan signifikansi 0,000. Hasil belajar psikomotor adalah 3,262 dengan signifikansi 0,002. Sintaks INSTAD dipadu peta konsep terlaksana dengan baik. Rata-rata nilai keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas perbandingan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi antara model INSTAD dipadu peta konsep dengan pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA N 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci : INSTAD, Peta Konsep, Pembelajaran Konvensional, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Biologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 18 Apr 2014 23:11
    Last Modified: 18 Apr 2014 23:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12086

    Actions (login required)

    View Item