PERAN PUBLIC RELATIONS PT. BUKIT ASAM (PERSERO) Tbk DALAM MENJAGA CITRA POSITIF PERUSAHAAN DI TENGAH SITUASI KONFLIK

Hardiansyah, Hardiansyah (2013) PERAN PUBLIC RELATIONS PT. BUKIT ASAM (PERSERO) Tbk DALAM MENJAGA CITRA POSITIF PERUSAHAAN DI TENGAH SITUASI KONFLIK. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (453Kb) | Preview

    Abstract

    HARDIANSYAH, NIM: S231008005. 2013. Peran Public Relations Menjaga Citra Positf (Studi Kasus : Peran Humas PT. Bukit Asam (PERSERO) Tbk Mejaga Image Perusahaan dan Meminimalisir Opini Negatif Masyarakat dalam Konflik Sengketa Kuasa Pertambangan dengan Pemerintah Kabupaten Lahat). TESIS. Pembimbing I: Prof. Drs. Totok Sarsito, SU, MA, Ph.D, II : Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si, Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Sebuah Badan Usaha Milik Negara sektor energi PT. Bukit Asam (Persero) Tbk menghadapi kasus sengketa lahan tambang yang melibatkan Pemerintah Kabupaten Lahat Sumatera Selatan dan beberapa perusahaan swasta, kasus ini akibat dari otonomi daerah yang menciptakan tarik menarik kepentingan antara pemerintah pusat, gubernur dan bupati, luas lahan yang disengketakan sekitar 26.000 hektar, kasus sengketa ini masih berlanjut dengan eskalasi konflik yang semakin meluas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana public relations perusahaan tersebut mengelola konflik, perencanaan, penanganan, dalam upaya manajemen konflik, untuk dapat menyelesaikan konflik sengketa ini. Public Relations mempunyai peranan penting dalam mengatasi krisis, mengingat masa krisis dapat berdampak negatif terhadap citra perusahaan, sehingga dapat dikatakan public relations merupakan fungsi manajemen yang strategis. Agar fungsi strategis ini dapat dijalankan dengan baik, posisi bidang public relations harus langsung dibawah pimpinan puncak, dengan demikian insan public relations mempunyai kewenangan yang memungkinkan fungsi tersebut dapat dijalankan secara efektif. Gaya manajemen konflik berdasarkan dua dimensi: (1) kerja sama (cooperativeness) pada sumbu horizontal dan (2) keasertifan (assertiveness) pada sumbu vertikal. Populasi penelitian adalah satuan kerja hubungan masyarakat kantor pusat tanjung enim. Data dianalisa tanpa statistik tetapi dengan menganalisa setiap item pertanyaan untuk mengambil kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah public relations perusahaan tidak mengelola konflik, karena tidak memiliki kewenangan dalam hal pengambilan keputusan, segala kebijakan yang diambil sepenuhnya merupakan kewenangan dari sekretaris perusahaan dan direktur utama, dengan alasan bahwa perusahaan ini merupakan perusahaan terbuka, public relations perusahaan berfungsi menjembatani antara masyarakat dengan manajemen perusahaan, membina hubungan baik dengan masyarakat dan pemerintah daerah setempat tanpa terpengaruh dengan konflik sengketa yang terjadi, namun demikian segala upaya penyelesaian konflik, public relations dibantu satuan kerja hukum sebagai usaha manajemen konflik perusahaan. Kata Kunci : public relations, opini publik, sengketa, image perusahaan. HARDIANSYAH, NIM: S231008005. 2013. The Role of Public Relations Maintain a Positive Image (A Case Study on the Role of Public Relations in PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Maintain a Corporate Image and Minimize Negative Public Opinion in Conflict of Mining Domination Dispute between the Company and the Government of Lahat Regency of Sumatera Selatan. Thesis. First Counselor: Prof. Drs. Totok Sarsito, SU, MA, Ph.D, Second Counselor: Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si, Communication Science Study Program, Postgraduate Program, Sebelas Maret University. A State-Owned Enterprise in energy sector, PT. Bukit Asam (Persero) Tbk encounters the mining field dispute case involving the Lahat Regency Government of Sumatera Selatan and several private companies. This case was the result of local autonomy creating the conflict of interest between the central government, governor and regency; the disputed land width was 26,000 hectares. This dispute still continues with increasing wide conflict escalation. This study aimed to find out how the corporate public relations managed the conflict, planning, management, in the attempt of conflict management, in order to settle the dispute conflict. Public relations plays an important part in dealing with crisis, recalling that critical period affecting negatively the company’s image, so that it could be said that public relations is the strategic management function. For the strategic function to run well the position of public relation division should be directly under the top leadership; thus, the public relations personnel had authority enabling the function run effectively. The conflict management style was based on two dimensions: (1) cooperativeness on horizontal axis and (2) assertiveness on vertical axis. The population of research was the public relations work unit of Tanjung Enim Headquarter. The data was analyzed without statistics but every item of question was analyzed individually to draw a conclusion. The conclusion of research was that the corporate public relations did not manage the conflict because it had no authority in making decision; every policy taken was fully the authority of the company’s secretary and president director, with the reason that this company was a public company. The corporate public relations bridged the community and the company management, established good relationship with the community and local government without affected by dispute conflict occurring. Nevertheless, every attempt of conflict resolution, public relations was helped by legal work unit as the company’s conflict management attempt. Keywords: public relations, public opinion, dispute, corporate image.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 18 Apr 2014 22:20
    Last Modified: 18 Apr 2014 22:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12063

    Actions (login required)

    View Item