PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FORMATIF FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP

Sari, Indah Arsita (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FORMATIF FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (204Kb) | Preview

    Abstract

    Indah Arsita Sari. PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FORMATIF FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes formatif Fisika SMA tengah semester genap yang mempunyai karakteristik tes Fisika yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan non tes. Sumber data berupa pola respon siswa pada tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif yang meliputi materi, konstruksi dan bahasa serta kuantitatif dengan menggunakan program MicroCat ITEMAN versi 3.00 untuk mengetahui taraf kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh. Pengembangan tes dilakukan menggunakan tahapan: analisis kebutuhan, penyusunan spesifikasi tes, penulisan soal tes, penelaahan tes secara kualitatif, revisi I, uji kelompok kecil, analisis butir secara kuantitatif, revisi II dan uji kelompok besar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa instrumen tes formatif Fisika SMA yang dikembangkan sudah sesuai dengan karakteristik tes Fisika yang baik karena instrumen tes yang dikembangkan sudah memenuhi syarat menjadi instrumen yang baik yaitu mempunyai reliabilitas yang tinggi dan cukup tinggi, daya beda soal cukup, taraf kesukaran sedang, dan pengecoh berfungsi secara efektif. Produk pengembangan tes formatif Fisika SMA kelas XI tengah semester genap menghasilkan soal yang memenuhi semua kriteria instrumen tes yang baik dengan rincian sebagai berikut: Untuk paket soal I dihasilkan 10 soal yang memenuhi kriteria soal yang baik, untuk paket soal II dihasilkan 15 soal yang memenuhi kriteria soal yang baik, untuk paket soal III 15 soal yang memenuhi kriteria soal yang baik dan sudah mencakup semua indikator. Kata Kunci: pengembangan, tes formatif, Fisika SMA kelas XI. Indah Arsita Sari. FORMATIVE PHYSICS TEST INSTRUMENT DEVELOPMENT IN EVEN TERM OF SENIOR HIGH SCHOOL GRADE XI. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, July 2013. The purpose of this research is to develop senior high school physics formative test instrument which has good characteristics of physics test. Type of this research is Research and Development. The data collected by test and non – test techniques. The sources of the data are students’ responds pattern on the test. The data analysis was done qualitatively including material, construction, and language as well as quantitative by using MicroCat ITEMAN version 3.00 program to know the level of difficulty, discriminating power, and the effectiveness of distractor. The test development was done by the following steps: needs analysis, test specification construction, test writing, qualitatively test reviewing, revision I, try-out in small group, quantitatively analysis, revision II, and try-out in big group. Based on the result of the data analysis, it can be concluded that the physics formative test for grade XI has been developed based on the characteristics of good physics test because adequate the requirements of a good test, those are: high enough reliability, enough good discriminating power, medium in level of difficulty, effective distractor function. The development product of the physics formative test for grade XI results in items that adequate all the criteria of good test instrument with the following details: for package I produced 10 items that adequate the criteria of good items, for package II produced 15 items that adequate the criteria of good items, for items package III, 15 items adequate the criteria of good items and have covered all the indicators. Keyword: development, formative test, physics SMA grade XI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 18 Apr 2014 21:53
    Last Modified: 18 Apr 2014 21:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12057

    Actions (login required)

    View Item