PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL MENGGUNAKAN TEKNIK VEE DIAGRAM DAN CONCEPT MAP DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENALARAN ILMIAH

Handayani, Handayani (2013) PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL MENGGUNAKAN TEKNIK VEE DIAGRAM DAN CONCEPT MAP DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENALARAN ILMIAH. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (681Kb) | Preview

    Abstract

    Handayani, S831108025. 2013. Pembelajaran Biologi dengan Concept Attainment Model Menggunakan Teknik Vee Diagram dan Concept Map Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Ilmiah. TESIS. Pembimbing I: Dr.Suciati Sudarisman, M.Pd, II: Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran model Concept Attainment menggunakan Vee Diagram dan Concept Map ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Tingkat III Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kuningan. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan Vee Diagram terdiri dari 34 mahasiswa dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan Concept Map terdiri dari 31 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk data prestasi belajar kognitif, psikomotor, kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah, angket untuk data prestasi belajar afektif, lembar observasi untuk data psikomotor dan afektif. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan sel tak sama dengan bantuan software SPSS 18. Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran model Concept Attainment melalui Vee Diagram dan Concept Map pada aspek psikomotor dan tidak ada perbedaan pada aspek kognitif dan afektif dengan sig.0,403 > 0,05; (2) ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah pada aspek kognitif tidak ada perbedaan pada aspek afektif dengan sig.0,013 < 0,05; (3) ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki penalaran ilmiah tinggi dan rendah pada aspek kognitif dan psikomotor dan tidak ada perbedaan pada aspek afektif dengan sig.0,007 < 0,05; (4) tidak ada interaksi antara pembelajaran model Concept Attainment melalui Vee Diagram dan Concept Map dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar dengan sig.0,523 > 0,05; (5) ada interaksi antara pembelajaran model Concept Attainment melalui Vee Diagram dan Concept Map dengan penalaran ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif dan tidak ada interaksi pada prestasi belajar afektif dan psikomotor dengan sig.0,013 < 0,05; (6) tidak ada interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah terhadap prestasi belajar dengan sig.0,457 > 0,05; (7) tidak ada interaksi antara pembelajaran model Concept Attainment melalui Vee Diagram dan Concept Map, kemampuan berpikir kritis, dan penalaran ilmiah terhadap prestasi belajar dengan sig.0,828 > 0,05.Berdasarkan hasil statistik penggunaan Vee Diagram dan Concept Map memberikan prestasi yang sama. Kata kunci : pembelajaran biologi, concept attainment, vee diagram, concept map, berpikir kritis, penalaran ilmiah, prestasi belajar, evolusi Handayani, S831108025. 2013. Biology Learning of Concept Attainment Model By Vee Diagram And Concept Map Technique Over Viewed From Ability For Critical Thinking And Scientific Reasoning. THESIS. Advisor I: Dr. Suciati Sudarisman, M.Pd, II: Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd. Program Study of Science Education, Post-graduate Program of Sebelas Maret University, Surakarta. The aims of this research were to know the differences between learning of Concept Attainment model by Vee Diagram and Concept Map towards study achievement. This research used experiment method with factorial 2x2x2 design. The population of the research was all of the students in III grade of Biology Education Kuningan University. The sample of the research was determined by cluster random sampling technique that consisted of two classes. The first experiment class was treated using Vee Diagram consisted of 34 students and the second class experiment was treated using Concept Map consisted of 31 students. The data was collected using test technique for studying result of the cognitive, psychomotor data, ability for critical thinking and scientific reasoning, questioner for the affective of study result, and observation for psychomotor and affective data. The research hypothesis was analyzed by with unequal cell number using software SPSS 18. The research result showed that: (1) there is a difference in study achievement between Vee Diagram and Concept Map on psychomotor and there is no difference on cognitive and affective with sig.0,403 > 0,05; (2) there is a difference in study achievement between critical thinking skills of high and low on cognitive and psychomotor and there is no difference on the affective with sig.0,013 < 0,05; (3) there are differences in study achievement between had high and low scientific reasoning on cognitive and psychomotor and there is no difference on the affective with sig.0,007 < 0,05; (4) there did not get interaction between Vee Diagram and Concept Map with ability for critical thinking towards study achievement with sig.0,523 > 0,05; (5) there got interaction between Vee Diagram and Concept Map with scientific reasoning toward study achievement on cognitive and there did not get interaction on affective and psychomotor with sig.0,013 < 0,05; (6) there did not get interaction between ability for critical thinking and scientific reasoning toward study achievement with sig.0,457 > 0,05; (7) there did not get interaction among Vee Diagram and Concept Map, ability for critical thinking and scientific reasoning toward study achievement with sig.0,828 > 0,05. Based on statistical result, the use of Vee Diagram and Concept Map give the same of study achievement. Keywords: biology learning, concept attainment model, vee diagram, concept map, critical thinking, scientific reasoning, study achievement, evolution.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 18 Apr 2014 21:47
    Last Modified: 18 Apr 2014 21:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12046

    Actions (login required)

    View Item