PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT DALAM PEMBELAJARAN PKn

Wijayanti, Ratna and Sukarno, and Karsono, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT DALAM PEMBELAJARAN PKn. Jurnal Mahasiswa PGSD, 1 (3).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (164Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The purpose of this study was to improve the understanding concept of the central government system in the citizenship education at the fourth grade students in SDN Rejosari through the implementation of Strategy Guided Note Taking. The form of this research was classroom action research that has been done in two cycles. Data collection techniques used documentation, interviews, observations, and tests. The techniques of data analysis used analytical interactive model that consists data reduction, data display, and conclusion drawing. The results showed that through implementation strategy Guided Note Taking system in the citizenship education can enhance the understanding concept of the central government system at the fourth grade students in SDN Rejosari in academic year 2012/2013. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Rejosari melalui penerapan strategi Guided Note Taking. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Guided Note Taking dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Rejosari tahun ajaran 2012/2013. Kata Kunci: Guided Note Taking, pemahaman konsep

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 18 Apr 2014 20:45
    Last Modified: 18 Apr 2014 20:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12007

    Actions (login required)

    View Item