Pengembangan concrete patch repair material dengan bahan polymer cement based matrix yang tahan retak dan delaminasi akibat restrained shrinkage

Kristiawan, S A and , Sunarmasto (2010) Pengembangan concrete patch repair material dengan bahan polymer cement based matrix yang tahan retak dan delaminasi akibat restrained shrinkage. Penelitian Hibah BErsaing DIPA. pp. 1-5.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (23Kb) | Preview

    Abstract

    Struktur beton bertulang sering mengalami kerusakan yang disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti bencana gempa, beban yang berlebihan serta faktor lingkungan yang mengakibatkan terjadinya korosi pada tulangan. Jenis kerusakan yang nampak dapat berupa retak, pengelupasan selimut beton bahkan sampai pada kondisi patahnya elemen struktur. Kerusakan dalam bentuk pengelupasan dapat direhabilitasi dengan cara penambalan (patch repair) yang mana perbaikan dengan cara ini dimaksudkan untuk mengembalikan bentuk dan ukuran penampang, melindungi tulangan dari bahaya korosi berlanjut serta secara parsial dapat mengembalikan kekuatan penampang. Material yang dipakai sebagai patch repair harus memiliki kompatibilitas dengan material beton induk yang akan diperbaiki. Kompabilitas yang dimaksud dapat ditinjau dari sifat mekanik, deformasi dan durabilitas. Ditinjau dari karakteristik mekanik, repair material harus memiliki kekuatan yang setara dengan beton induk agar distribusi tegangan dan regangan yang terjadi pada penampang dapat seimbang. Sedangkan salah satu isu kompatibilitas deformasi dapat dilihat dari perbedaan besaran shrinkage. Perbedaan shrinkage antara beton induk dengan repair material merupakan isu dimensional incompatibility yang mengakibatkan retak dan delaminasi pada repair material. Persoalan retak dan delaminasi akibat dimensional incompatibility ini dipengaruhi oleh beberapa parameter antara lain besaran shrinkage, creep, modulus elastisitas, kuat tarik, kuat lekat serta derajat pengekangan. Pengembangan repair material yang diharapkan dapat mengeliminasi retak dan delaminasi akibat differential shrinkage (restrained shrinkage) harus mengkuantifikasi faktor-faktor tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan repair material dengan bahan dasar mortar yang didalamnya ditambahkan polymer untuk memodifikasi sifat fleksibilitas dari repair material tersebut. Sifat fleksibilitas ini penting peranannya dalam mereduksi besarnya tegangan tarik yang timbul akibat restrained shrinkage. Dengan demikian pemakaikan polymer ini diharapkan dapat membantu dalam mengeliminasi retak dan delaminasi. Untuk mencapai tujuan akhir ini penelitian dibagi dalam beberapa tahapan. Pada tahun pertama telah diteliti komposisi campuran dan mengevaluasi karakateristik mekanik dan deformasinya yaitu kuat tekan, kuat tarik, kuat lekat, shrinkage dan creep. Sedangkan penelitian tahun kedua diarahkan untuk mengeksplorasi sifat-sifat tersebut serta kompatibilitas dimensinya dikaitkan dengan performanya dalam melawan kecenderungan retak dan delaminasi sehingga dapat diperoleh komposisi campuran patch repair yang sesuai. Penentuan komposisi campuran didasarkan pada evaluasi sifat workability dan kuat tekan. Melalui serangkain uji pendahuluan maka diperoleh komposisi sebagai berikut: proporsi semen:pasir sebesar 1:2.5 dengan faktor air semen 0.5 dan berbahan tambah superplasticizer dan accelerator masing-masing sebesar 2% dan 0.4% dari berat semen yang digunakan. Sedangkan kandungan polymer yang ditambahkan bervariasi yaitu sebesar 2%, 4% dan 6% dari berat semen. Selanjutnya dari berbagai komposisi repair material ini ditambah dengan repair material produksi pabrik sebagai pembanding, dilakukan pengujian kompatibilitas modulus elastisitas, kompatibilitas susut dan rangkak, kecenderungan retak akibat susut terkekang serta kecenderungan delaminasi. Hasil penelitian pada tahun kedua ini dapat disimpulkan sebagai berikut: ditinjau dari kompatibilitas modulus elastisitas, maka apabila antara repair material dengan beton induk memiliki perbedaan regangan tertentu pada beban yang sama, maka ketika keduanya dipadukan akan memiliki perbedaan regangan 20% lebih kecil dari nilai semula. Ditinjau dari kompatibilitas susut, maka nilai penyimpangan susut antara repair material dan beton induk setara dengan 20% dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kompatibel tidaknya repair material dengan beton induk. Ditinjau dari kompatibilitas rangkak, maka nilai selisih rangkak dan rasio rangkak dapat menjadi bahan evaluasi. Rasio rangkak dapat ditentukan sebesar 1,2 sebagai batasan penerimaan kompatibilitas. Polymer menyebabkan repair material menjadi fleksibel sehingga mampu menurunkan resiko retak dan delaminasi akibat susut terkekang. Damaged on reinforced concrete strucures can be due to a variety causes including earthquake, excessive loading or corrosion of reinforcement. The appearences of the damaged may be in the form of cracking, spalling or delamination of concrete cover or particular element of concrete structure is broken. In the case of spalled or delaminated concrete cover, patch repair may be applied to recover size and appearence, to protect reinforcement from further corrosion, and partially to regain its strength capacity. Material used for patching application should have compatibilities with the existing concrete. These include compatible in mechanical, dimensional dan durability characteristics. In term of mechanical compatibility, repair material should have comparable in strength to the existing concrete. This will guarantee that stress and strain are distributed evenly acros section. In term of dimensional compatibility, repair maerial could be subjected to tensile stress induced by differential shrinkage between repair material dan existing concrete. This dimensional incompatibility can lead to cracking and delamination. Whether particular repair material will crack/delaminate or not depends on a variety factors: shrinkage, creep, elastic modulus, tensile strength, bond strength and degree of restraint. Any effort to develop repair material should consider all these paremeter in order to have repair material that will resist againts cracking and delamination due to restrained shrinkage. The aim of this research is to obtain repair mortar containing polymer for application in patch repair system. The use of polymer is intended to modify mortar so it will become flexible. The flexibility property is important to reduce tensile stress induced by restrained shrinkage as with this property repair material tends to deform more under restrained shrinkage stress. This deformation results in releasing tensile stress developed in repair material which, in turn, reduces the possibility of cracking and delamination. The goal of this research can be achieved into two stages. The first stage, which is carried out in the first year of the research, focus on obtaining proportion of repair material and quantifying mechanical dan deformability characteristics: compressive strength, tensile strength, bond strength by mean of slant shear, shrinkage and creep. These parameters are then will be used to formulate prediction model to estimate tensile stress developed in repair material. The formulation of prediction model will be carried out in the second year together with validation of the model from the observation of restrained shrinkage cracking and delamination tendency. The model proposed will be usefull for examining cracking and delamination tendency of particular repair material. Proportions of repair material were determined from the workability and strength properties. After several preliminary investigation, the proportions were found to be as follows: cement: sand rasio equals to 1:2.5, with water/cement rasio 0.5, and superlasticizer and accelerator respectively 2% and 0.4% by weight of cement. Meanwhile, the amount of polymer added to the mixes were 2%, 4% and 6% by weight of cement. In addition to that mixes composition, commercial repair mortar produced by manufacture was used for comparison purpose. All these composition were subjected to testing to determine shrinkage, creep, compressive strength, tensile strength and slant shear.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 18 Apr 2014 19:23
    Last Modified: 18 Apr 2014 19:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11977

    Actions (login required)

    View Item