PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING DILENGKAPI MACROMEDIA FLASHUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Hariyanti, Ida and , Haryono and Sukardjo, JS. (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING DILENGKAPI MACROMEDIA FLASHUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (3).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (617Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran model Problem Posing yang dilengkapi dengan macromedia flash. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2012/2013. Sumber data berasal dari guru dan si swa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan non tes (observasi, kajian dokumen, dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pembelajaran model Problem Posing yang dilengkapi macromedia flash dapat meningkatkan keterampilan proses siswa yaitu 61,11% pada siklus I meningkat menjadi 77,78% pada siklus II. Pembelajaran model Problem Posing yang dilengkapi macromedia flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 66,67% pada siklus I meningkat menjadi 86,11% pada siklus II. Aspek psikomotor siswa telah mencapai 77,78% pada siklus I. Aspek afektif siswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase dari 69,77% pada siklus I menjadi 79,98% pada siklus II. Kata kunci: Problem Posing, keterampilan proses, dan prestasi belajar, kesetimbangan kimia

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:29
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11954

    Actions (login required)

    View Item