STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2011/2012

Sukarini, Anita and Susilowati, Endang and Martini, Kus Sri (2013) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (3). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (806Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran Jigsaw lebih bagus daripada Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Koloid kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Randomized PretestPosttest Design untuk mengukur aspek kognitif dan Randomized Posttest Design untuk mengukur aspek afektif. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling dan diambil 2 kelas di mana satu kelas sebagai kelas eksperimen 1 (dengan Jigsaw) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen 2 (dengan CIRC). Teknik pengumpulan data prestasi belajar dengan metode tes untuk aspek kognitif dan metode angket untuk aspek afektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa pada aspek kognitif yang diajar dengan metode Jigsaw lebih bagus daripada siswa yang diajar dengan metode CIRC pada materi pokok bahasan Koloid kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Wonogiri. Hal ini ditunjukkan dengan uji-t di mana thitung > t tabel (2,68 > 1,67). Sedangkan untuk prestasi belajar afektif menunjukkan hasil yang secara statistik dikatakan sama dengan uji-t di mana thitung < t tabel (1,15 < 1,67). Kata Kunci : studi komparasi, Jigsaw, CIRC, prestasi belajar, koloid

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:29
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11953

    Actions (login required)

    View Item