STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) DENGAN KARTU PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA KELAS VIII SMP N 2 NGADIROJO, WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

S, Rani Fathonah and , Sugiharto and Utomo, Suryadi Budi (2013) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) DENGAN KARTU PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA KELAS VIII SMP N 2 NGADIROJO, WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (3).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (702Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media TTS dibanding Kartu pada pembelajaran kimia melalui pendekatan CTL terhadap prestasi belajar siswa pada materi zat adiktif dan psikotropika kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo, Wonogiri tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian “Randomized Control Group Pretest Posttest Design”. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, sehingga didapatkan tiga kelas yaitu kelas eksperimen I (media TTS) dan eksperimen II (media Kartu) serta kontrol. Teknik pengumpulan data aspek kognitif menggunakan tes, sedangkan aspek afektif menggunakan angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar kognitif siswa pada penggunaan media TTS (16,81) lebih tinggi dibanding media Kartu (12,97) pada pembelajaran kimia melalui pendekatan CTL pada materi zat adiktif dan psikotropika. (2) prestasi belajar afektif siswa pada penggunaan media TTS (72,38) lebih tinggi dibanding media Kartu (69,26) pada pembelajaran kimia melalui pendekatan CTL pada materi zat adiktif dan psikotropika. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media TTS lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dibanding media Kartu pada pembelajaran kimia melalui pendekatan CTL pada materi Zat Adiktif dan Psikotropika kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 NgadirojoWonogiri tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci : Studi komparasi, media TTS & kartu, pendekatan CTL, prestasi belajar siswa, zat adiktif dan psikotropika.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:30
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11950

    Actions (login required)

    View Item