PENGARUH METODE JIGSAW DISERTAI MEDIA LKS DAN POWER POINTPADA PEMBELAJARAN KIMIA DITINJAU DARI KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 PONOROGO T.A. 2011/2012

Diana, Novita Rose and Sukardjo, J.S. and Martini, Kus Sri (2013) PENGARUH METODE JIGSAW DISERTAI MEDIA LKS DAN POWER POINTPADA PEMBELAJARAN KIMIA DITINJAU DARI KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 PONOROGO T.A. 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (3). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (944Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode Jigsaw disertai LKS dan power point terhadap prestasi belajar, prestasi belajar ditinjau dari kreativitas, dan interaksi antara media pembelajaran dengan kreativitas terhadap prestasi belajar di kelas X semester genap SMAN I Ponorogo. Materi yang diambil adalah hidrokarbon. Rancangan penelitian menggunakan “Desain Faktorial 2 x 2 “. Sampel penelitian yaitu kelas X.2 dan X.3 SMA N 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data keadaan awal siswa dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan metode Liliefors, uji homogenitas dengan metode Bartlet (Uji Chi Kuadrat), dan uji keseimbangan dengan uji t dua pihak . Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi (anava) dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia melalui metode jigsaw disertai LKS dan power point memberikan pengaruh yang sama terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif, dimana F hitung 3,002 (kognitif) dan 2,382 (afektif) < F tabel (4,004), kreativitas tidak mempengaruhi prestasi belajar kognitif, di mana F hitung < F tabel yaitu 0,049 < 4,004, sedangkan prestasi belajar afektif siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada siswa dengan kreativitas rendah, di mana F hitung > F tabel yaitu 5,368 > 4,004, dan tidak ada interaksi antara pembelajaran kimia melalui metode jigsaw disertai LKS dan power point dengan kreativitas terhadap prestasi belajar, F hitung (1,243) < F tabel (4,004), sedangkan pada aspek afektif, nilai F hitung (0,204) < Ftabel (4,004). Kata kunci: Jigsaw, kreativitas, LKS, power point, prestasi belajar , hidrokarbon

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:31
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11949

    Actions (login required)

    View Item