PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MELALUI METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MATERI PROSES EKSTRAKSI KELAS XI SEMESTER 2 TEKNIK KIMIA INDUSTRI SMK N 2 SUKOHARJO TAHUN 2011 / 2012

Lestari, Nungky Adi and Ariani, Sri Retno Dwi and Hastuti, Budi (2013) PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MELALUI METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MATERI PROSES EKSTRAKSI KELAS XI SEMESTER 2 TEKNIK KIMIA INDUSTRI SMK N 2 SUKOHARJO TAHUN 2011 / 2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (3). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendekatan pembelajaran CTL dengan metode proyek dan metode eksperimen terhadap prestasi belajar siswa pada materi Proses Ekstraksi. (2) Pengaruh minat berwirausaha siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi Proses Ekstraksi. (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran CTL dengan metode proyek dan metode eksperimen dengan minat berwirausaha siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi Proses Ekstraksi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian desain faktorial 2 × 2. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI KI-A dan XI KI-B SMK N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh pendekatan CTL ( Contextual Teaching and Learning) dengan metode proyek dan eksperimen terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa, pendekatan CTL dengan metode proyek memiliki rata-rata prestasi kognitif lebih tinggi dari pada metode eksperimen, tetapi tidak ada pengaruhnya terhadap prestasi psikomotor siswa pada materi Proses Ekstraksi. (2) Terdapat pengaruh minat berwirausaha tinggi dan rendah pada pendekatan CTL ( Contextual Teaching and Learning ) dengan metode proyek dan eksperimen terhadap prestasi belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada materi Proses Ekstraksi. (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan CTL dengan metode proyek dan metode eksperimen serta minat berwirausaha terhadap prestasi belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada materi Proses Ekstraksi. Kata kunci: Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Metode Proyek, Eksperimen,Minat Berwirausaha, Proses Ekstraksi

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:32
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11932

    Actions (login required)

    View Item