Model Peningkatan Kompetensi Pemandu Wisata Lokal melalui Metode Tourism Interpretation untuk Mendukung Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat secara Berkelanjutan

Sugiarti, Rara and Sutirto, Tundjung Wahadi (2011) Model Peningkatan Kompetensi Pemandu Wisata Lokal melalui Metode Tourism Interpretation untuk Mendukung Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat secara Berkelanjutan. .

[img] Microsoft Word (pemandu wisata lokal, tourism interpretation) - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Penelitian ini secara umum bertujuan untuk merumuskan model peningkatan kompetensi pemandu wisata lokal melalui metode tourism interpretation untuk mendukung pengembangan pariwisata berbasis masyarakat secara berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode, yakni pengamatan, wawancara, diskusi kelompok terarah (FGD/Focus Group Discussion), dan metode simak dokumen (content analysis). Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis interaktif (Miles & Huberman, 1984) dan analisis tematik (Hayes, 1997). Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah model TIMLoCI (Tourism Interpretation Model through Locals’ Competence Improvement) dan strategi peningkatan kompetensi pemandu wisata lokal melalui metode tourism interpretation untuk mendukung pengembangan pariwisata berbasis masyarakat secara berkelanjutan, yang dapat dijadikan acuan bagi stakeholder, khususnya Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk menyusun rekomendasi kebijakan pemberdayaan masyarakat di daerah tujuan wisata di Kabupaten Karanganyar guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup yang menjadi aset pembangunan pariwisata daerah. Ringkasan hasil penelitian ditulis dalam draf artikel ilmiah yang akan dikirimkan ke jurnal terakreditasi nasional untuk dapat diterbitkan padatahun kedua.

    Item Type: Article
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 18 Apr 2014 14:22
    Last Modified: 18 Apr 2014 14:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11928

    Actions (login required)

    View Item