Pengembanganmodel Penerimaan E-Library Melalui Inovasi TAM Dengan TPB Untuk Meningkatkan Fungsi Perpustakaan Sekolah dan Minat Membaca Siswa

Ninghardjanti, Patni and Subarno, Anton and Badiyanto, (2011) Pengembanganmodel Penerimaan E-Library Melalui Inovasi TAM Dengan TPB Untuk Meningkatkan Fungsi Perpustakaan Sekolah dan Minat Membaca Siswa. .

[img] Microsoft Word (E-library, SMK, TAM, TPB, Perceived usefulness, Perceived ease of use, Perceived behavioral control) - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    Siswa enggan datang ke perpustakaan karena kondisi perpustakaan yang tidak nyaman, akses pencarian koleksi rumit, waktu layanan yang terbatas, dan sistem pelayanan kurang memuaskan. Teori TAM menjelaskan bahwa siswa akan memanfaatkan sistem informasi e-library, apabila sistem informasi tersebut mudah digunakan (ease of use) dan bermanfaat (usefulness). Tujuan penelitian tahun ke-I adalah: 1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan siswa SMK dalam menggunakan e-library. Faktor yang menentukan e-library diidentifikasikan dengan teori Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). 2) Menyusun model pengadopsian e-library menurut keinginan siswa SMK. Hasil yang ditargetkan dari penelitian tahun ke-I dan ke-II adalah perangkat lunak (software) e-library yang mudah dioperasikan, memberikan manfaat, dan sesuai karakteristik siswa. Penelitian ini diawali dengan Focus Group Discussion dengan pengelola perpustakaan, kemudian tahapan survei ke lapangan, pengolahan data, penyususunan model pengadopsian. Survey ditujukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan siswa dalam mengadopsi layanan e-library. Dalam tahapan ini terbangun model penggunaan e-library. Hubungan antar variabel diuji dengan menggunakan data yang diperoleh dari sampel. Hubungan antar variabel dianalisis dengan SEM dengan bantuan software AMOS. Hasil penelitian adalah bahwa persepsi kegunaan e-library, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh langsung secara terhadap niat menggunakan e-library. Konstruk persepsi kemudahan penggunaan elibrary berpengaruh tidak langsung terhadap niat siswa SMK dalam menggunakan elibrary melalui konstruk persepsi kegunaan. Konstruk persepsi kegunaan e-library dapat diprediksikan oleh konstruk relevansi sistem, kualitas sistem, kefamiliaran tugas, kepercayaan, pengetahuan domain, dan keyakinan sendiri. Persepsi kemudahan penggunaan e-library dapat diprediksikan secara baik dengan terminologi, desain layar, navigasi, relevansi, kualitas sistem, kefamiliaran tugas, pengetahuan domain, dan keyakinan sendiri. Persepsi kontrol perilaku e-library dalam penelitian ini dapat diprediksikan dengan pengetahuan domain dan keyakinan sendiri. Penelitian ini menemukan bahwa niat siswa SMK untuk menggunakan elibrary sangat ditentukan persepsi-persepsi mereka apakah e-library mudah dipelajari, mudah dimengerti, mudah untuk menjadi terampil, dapat meningkatkan keefektifan dalam belajar, meningkatkan performa, dan meningkatkan produktivitas belajar. Siswa SMK akan menggunakan e-library sangat ditentukan oleh: terminologi, desain layar, navigasi, relevansi dengan pelajaran, kemudahan akses, informasinya dipercaya. Penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek siswa sendiri berpengaruh terhadap niat penggunaan e-library, seperti: keyakinan mereka terhadap e-library, pengetahuan domain dan pengetahuan tentang topik-topik yang dicari dalam e-library.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 18 Apr 2014 13:52
    Last Modified: 18 Apr 2014 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11922

    Actions (login required)

    View Item