Proses Powderisasi Zat Warna Alami Dari Buah Mangsi (Phyllanthus reticulatus Linn.) Dengan Alat Spray Dryer Serta Aplikasinya Terhadap Pewarnaan Kain Batik

Indreswari, Rysca and Wahjuni, Nunik Sri and Kwartiningsih, Endang (2011) Proses Powderisasi Zat Warna Alami Dari Buah Mangsi (Phyllanthus reticulatus Linn.) Dengan Alat Spray Dryer Serta Aplikasinya Terhadap Pewarnaan Kain Batik. .

[img] Microsoft Word (buah Mangsi, pewarna alami, spray dryer, bubuk (powder), batik) - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Penggunaan zat warna sudah didambakan oleh manusia dalam setiap segi kehidupan. Namun, penggunaan zat warna alami sendiri masih jarang digunakan oleh para pengusaha batik dengan alasan antara lain kepraktisan. Diharapkan dengan proses powderisasi, zat warna alami lebih praktis digunakan dan lebih mudah untuk disimpan/dikemas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang spray dryer zat warna alami dengan variabel-variabel perancangan yang optimal serta efektif dalam pengoperasiannya, dengan fokus untuk memperoleh kondisi yang optimal dalam mendapatkan bubuk (powder) yang terbaik dan mengaplikasikan bubuk zat warna alami pada pewarnaan kain batik. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Proses Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Materi yang digunakan adalah Buah Mangsi (Phyllanthus reticulates Linn.), dan seperangkat alat untuk proses ekstraksi. Materi yang dipergunakan untuk membuat spray dryer adalah lembaran plat stainless steel, mur, baut, blower, motor penggerak, keran, seperangkat pemanas/kompor gas. Pengambilan zat warna dari buah mangsi dilakukan dengan metode ekstraksi padat-cair (leaching) dan proses powderisasi menggunakan spray dryer. Spray dryer ini dirancang terdiri atas tangki pemanas udara, tangki pengering, nozzle, blower, kompresor dan tempat umpan bahan. Sebagai pemanas digunakan kompor gas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan blower yang maksimal untuk menghasilkan panas di tangki pengering adalah 1225 rpm. Hasil ekstrak : % padatan ekstrak zat warna : 6,13%; kadar air : 93,87%.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 18 Apr 2014 13:47
    Last Modified: 18 Apr 2014 13:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11921

    Actions (login required)

    View Item