PENGELOLAAN KAWASAN WISATA BERBASIS MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PENGUATAN EKONOMI LOKAL DAN PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI KABUPATEN KARANGANYAR

Nugroho, Purwanto Setyo and Aliyah, Istijabatul (2011) PENGELOLAAN KAWASAN WISATA BERBASIS MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PENGUATAN EKONOMI LOKAL DAN PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI KABUPATEN KARANGANYAR. .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (8Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian multi tahun dan dilaksanakan selama dua tahun. Pada tahun ke-1 penelitian ini lebih ditujukan untuk: (1) Mengidentifikasi kebutuhan masyarakat lokal dalam pemberdayaan SDM dan pengelolaan kawasan wisata di Kabupaten Karanganyar; (2) Mengidentifikasi faktor internal (kelemahan dan potensi) dan faktor eksternal (hambatan, tantangan, dan peluang) kawasan wisata dalam lingkup wilayah Kabupaten Karanganyar; (3) Mengidentifikasi upaya dan peran serta yang telah dilakukan oleh pengambil keputusan (stakeholder) baik masyarakat, pemerintah, swasta maupun akademisi; (4) Merumuskan model pengelolaan kawasan wisata berbasis masyarakat sebagai upaya penguatan ekonomi lokal dan pelestarian SDA di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yangmenggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data akan dilakukan melalui beberapa metode termasuk pengamatan lapangan (site observation), wawancara mendalam (in-depth interview), diskusi kelompok terarah (focus group discussion) serta metode simak (documment study). Teknik pengambilan sampel akan dilakukan dengan metode purposive sampling dan snowball. Data akan dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif (Miles & Huberman, 1992) dan Analisis Lingkungan Internal-Eksternal (ALI-ALE). Lokasi penelitian adalah Kabupaten Karanganyar yang memiliki banyak kawasan wisata dan sekaligus terdapat kecenderungan untuk mengembangkan kawasan wisata berbasis masyarakat. Penelitian tahun pertama telah menghasilkan Model Pengelolaan Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat sebagai Upaya Penguatan EkonomiLokal dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Kabupaten Karanganyar disebut dengan Model Pariwisata Inti Rakyat Berperspektif Eko (PIRBE). Pariwisata Inti Rakyat menggarisbawahi bahwa pengelolaan kawasan wisata menuntut adanya partisipasi masyarakat dalam berbagai sektor. Sedangkan Perspektif Eko yang memiliki makna Perspektif Ekonomi dan Perspektif Ekologi. Pemahaman tentang perspektif ekonomi bahwa dalam pengelolaan kawasan wisata faktor ekonomi memegang peran penting dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pariwisata. Sedangkan Perspektif Ekologi memiliki arti bahwa dalam banyak hal pariwisata mengandalkan modal utamanya pada lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan budaya. Oleh karena itu unsur-unsur ekologi yang menjadi modal utama pariwisata harus dipelihara dan dijaga kelestariannya agar dapat berfungsi secara berkelanjutan. Dalam jangka panjang penelitian ini diharapkan dapat menunjang program-program pemerintah dan elemen pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya dalam mewujudkan pengelolaan kawasan wisata yang dapat mendukung penguatan ekonomi masyarakat dan mewujudkan pelestarian sumber daya alam di Kabupaten Karanganyar.

    Item Type: Article
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 18 Apr 2014 13:21
    Last Modified: 18 Apr 2014 13:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11915

    Actions (login required)

    View Item