PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 PADA SUB BAB HIDROSFER DI SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

S, KARTIKA BUSRI M (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 PADA SUB BAB HIDROSFER DI SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (694Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRACT The purpose of this study was 1) to determine effect the use of learning mind mapping methods to visual-spatial intelligence learners compared with the communicative method. 2) to determine effect the use of learning note: TS (Tulis and Susun) methods to visual-spatial intelligence learners compared with the communicative method. 3) to determine effect the use of learning mind mapping methods to visual-spatial intelligence learners compared with the learning note: TS (Tulis and Susun) methods. This study uses a quasi-experimental methods (quasi-experiment), the population in this study were all students of class X SMA Negeri 3 Sukoharjo totaling 356 students and the sample used for this study totaled 104 students. Data obtained from observations or field observations using the observation and scoring tables. Sample using random cluster sampling technique. The results of this study are 1) that through t-test obtained t arithmetic > t table is 19 876 > 1,667 then H0 is rejected with significance level of 5%, it means learning mind mapping methods can affect visual-spatial intelligence than the communicative method. 2) that through the t-test obtained t arithmetic > t table is 11,191 > 1,668 then H0 is rejected with significance level of 5%, it means learning note: TS (Tulis and Susun) method can affect visual-spatial intelligencel than the communicative method. 3) that through the t-test obtained t arithmetic > t table ie 10 645 < 1,668 then H0 is rejected with significance level of 5%, its mean learning mind mapping methods can affect visual-spatial intelligence than the record of learning note: TS (Tulis and Susun) methods. Based on the learning process of the three methods, methods of learning mind mapping the most effective way to influence the visual-spatial intelligence learners because these methods mean posttest highest with 80.11 results. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruhnpenggunaan metode pembelajaran mind mapping terhadap kecerdasan visual-spasial peserta didik dibanding dengan metode ceramah. 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran catatan: TS (Tulis dan Sususn) terhadap kecerdasan visual-spasial peserta didik dibanding dengan metode ceramah. 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran mind mapping terhadap kecerdasan visual-spasial peserta didik dibanding dengan metode pembelajaran catatan: TS (Tulis dan Susun). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment), populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo yang berjumlah 356 peserta didik dan sampel yang digunakan untuk penelitian ini berjumlah 104 peserta didik. Data diperoleh dari hasil pengamatan atau observasi lapangan dengan menggunakan tabel observasi dan skoring. Sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini adalah 1) Bahwa melalui uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 19.876 > 1.667 maka H0 ditolak dengan taraf signifikan 5%, artinya metode pembelajaran mind mapping dapat mempengaruhi kecerdasan visual-spasial dibandingkan dengan metode ceramah. 2) Bahwa melalui uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 11.191 > 1.668 maka H0 ditolak dengan taraf signifikan 5%, artinya metode pembelajaran catatan: TS (Tulis dan Susun) dapat mempengaruhi kecerdasan visual-spasial dibandingkan dengan metode ceramah. 3) Bahwa melalui uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 10.645 < 1.668 maka H0 ditolak dengan taraf signifikan 5%, artinya metode pembelajran mind mapping dapat mempengaruhi kecerdasan visual-spasial dibandingkan dengan metode pembelajaran catatan: TS (Tulis dan Susun). Berdasarkan proses pembelajaran dari ketiga metode tersebut maka, metode pembelajaran mind mapping paling efektif untuk mempengaruhi kecerdasan visual-spasial peserta didik karena rerata postes metode ini paling tinggi dengan hasil 80,11. Kata kunci: mind mapping, catatan: TS, ceramah dan visual-spasial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:51
    Last Modified: 03 May 2014 17:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11910

    Actions (login required)

    View Item