PENERAPANBLENDED HEADS TOGETHER MINAT DAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET i BLENDEDLEARNINGDENGANNUMBER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA 1 SMANEGERI GONDANGREJO TAHUN AJARAN 2012/2013 SKRIPSI Disusun oleh: JATMIKO BUDHI PRAKOSA K 3309053 SURAKARTA Agustus 2013 NUMBERED MATERI SISWA

PRAKOSA, JATMIKO BUDHI (2013) PENERAPANBLENDED HEADS TOGETHER MINAT DAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET i BLENDEDLEARNINGDENGANNUMBER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA 1 SMANEGERI GONDANGREJO TAHUN AJARAN 2012/2013 SKRIPSI Disusun oleh: JATMIKO BUDHI PRAKOSA K 3309053 SURAKARTA Agustus 2013 NUMBERED MATERI SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (426Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1)minat belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan menerapkan blended learning dengan Numbered Heads Together (NHT), (2) prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan menerapkan blended learning dengan Numbered Heads Together (NHT) di kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Data penelitian yang digunakan berupa minat siswa dan prestasi belajar (aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik). Pembelajaran Blended learning memadukan antara pembelajaran Number Heads Together (NHT) di kelas dengan e-learning. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes prestasi kognitif, angket, wawancara,dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan blended learningdengan Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan (1) minat belajar siswa dari73,375% pada siklus Imenjadi78,935% pada siklus II. (2) prestasi siswa (aspek kognitif dari50,00%pada siklus I menjadi 79,17% pada siklus II, aspek afektif siswa dari72,34% pada siklus I menjadi 75,83% pada siklus II, sedangkan aspek psikomotor telah tercapai 79,17% di siklus 1). Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Blended learning, minat belajar, ABSTRACT This research’s aims are for knew the application of blended learning with Numbered Heads Together (NHT) could to improve (1) the interest of class XI IPA 1 students on solubility and solubility product, (2) learning achievement of class XI IPA 1 studentson solubility and solubility product in SMA N Gondangrejo academic year 2012/2013. This research was a classroomaction research which held in two cycles. This research was conducted in class XI IPA 1 SMAN Gondangrejo Academic Year 2012/2013. Research data were usedfrom student’s interest and learning achievement (cognitive aspect, affective aspect, and psychomotor aspects). Blended learning combined Numbered Heads Together (NHT) in the classroom with e-learning. Data was obtained through observation, interviews, tests, questionnaires, and documentation. The data were analyzed using technique of qualitative descriptive analysis. The research’s results showed that the application of blended learning with Numbered Heads Together (NHT) could to improve (1) the student’s interest from 73,375% in cycle I become to 78,935%in cycle II, (2) the learning achievement in (cognitive aspect increased from 50,00% in cycle I become to 79,17%in cycle II, the affective aspect increased from of 72,34% in cycle I become to 75.83% in cycle II, while the psychomotor aspect indicated that 79.17% in cycle I). Keywords: Classroom Action Research, Blended learning, interest in learning,

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:55
    Last Modified: 03 May 2014 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11907

    Actions (login required)

    View Item