PENGARUH IMPLEMENTASI ISO 9001:2008 TERHADAP KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN DI JURUSAN PMIPA FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2013

OFISINARUM, GABRIELA (2013) PENGARUH IMPLEMENTASI ISO 9001:2008 TERHADAP KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN DI JURUSAN PMIPA FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh implementasi ISO 9001:2008 secara simultan terhadap kualitas layanan pembelajaran di Jurusan PMIPA FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. (2) Mengetahui pengaruh implementasi ISO 9001:2008 secara parsial terhadap kualitas layanan pembelajaran di Jurusan PMIPA FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Jurusan PMIPA FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta yang masih aktif mengikuti perkuliahan yaitu angkatan 2009-2012. Sampel diambil dengan teknik quota sampling, teknik random sampling dan teknik proportional sampling. Pada penelitian ini besarnya jumlah sampel ditentukan sebanyak 95 responden. Tryout yang dilakukan terhadap 30 responden di dalam populasi, dengan hasil valid dan reliabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala Likert. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Adanya pengaruh implementasi ISO 9001:2008 terhadap kualitas layanan pembelajaran. Hal ini tercermin dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. Karena nilai probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel ISO 9001:2008 yang terdiri dari : sistem manajemen mutu, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk, pengukuran, analisis dan peningkatan berpengaruh secara simultan terhadap kualitas layanan pembelajaran (2) Hasil perhitungan data untuk variabel sistem manajemen mutu memiliki tingkat signifikansi 0,02, variabel tanggung jawab manajemen memiliki tingkat signifikansi 0,04, variabel manajemen sumber daya memiliki tingkat signifikansi 0,00, variabel realisasi produk memiliki tingkat signifikansi 0,02, variabel pengukuran, analisis, dan peningkatan memiliki tingkat signifikansi 0,03. Oleh karena probabilitas (sistem manajemen mutu, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk, pengukuran, analisis, dan peningkatan) lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikemukakan bahwa variabel (sistem manajemen mutu, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk, pengukuran, analisis, dan peningkatan) berpengaruh secara parsial terhadap kualitas layanan pembelajaran. Kata kunci: implementasi, ISO 9001:2008, kualitas layanan pembelajaran. ABSTRACT The aims of this research are (1) to investigate the simultaneous effect of ISO 9001:2008 implementation towards teaching and learning service quality in the Department of PMIPA of FKIP Sebelas Maret University Surakarta. (2) To investigate the partial effect of ISO 9001:2008 implementation towards teaching and learning service quality in the Department of PMIPA of FKIP Sebelas Maret University Surakarta. The research applies descriptive quantitative method. The population of the research is all active students of the Department of PMIPA of FKIP Sebelas Maret University Surakarta still joining teaching and learning process in academic year 2009-2012. Samples are taken by quota sampling, random sampling and proportional sampling technique. The number of sample is 95 respondents. Valid and reliable tryout has previously been conducted to 30 respondents in the population. To collect the data the technique applied is questionnaire technique with likert scale, and the technique of analyzing the data is bifilar linear regression analysis technique. The research concludes that (1) there is a simultaneous effect of ISO 9001:2008 implementation towards teaching and learning service quality. The F test results in the probability score of 0.000. Because probability score (0.000) is lower than 0.05, Ho is rejected. It can be concluded that the variables of ISO 9001:2008 consisting of quality management system, management responsibility, resources management, product realization, measurement, analysis, and the improvement simultaneously affect the teaching and learning service quality (2) the significance level of 0.02 for variable management quality system is resulted for the data calculation, 0.04 is for variable management responsibility, 0.00 is for management resources, 0.02 is for variable product realization, and 0.03 is for variable measurement, analysis and improvement. Since the probability (quality management system, management responsibility, resources management, product realization, measurement, analysis, and the improvement) is lower than 0.05 it can be stated that variables (quality management system, management responsibility, resources management, product realization, measurement, analysis, and the improvement) partially affects the teaching and learning service quality. Key words: implementation, ISO

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:56
    Last Modified: 03 May 2014 17:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11905

    Actions (login required)

    View Item