PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS-KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA

PUTRI, ANISA YOSA PURI EKA (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS-KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (827Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Anisa Yosa Puri Eka Putri. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS-KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran konstruktivis-kolaboratif terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh kemampuan akademik terhadap hasil belajar siswa, dan 3) interaksi antara model pembelajaran konstruktivis-kolaboratif dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2x3. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 pada kelas X. Pengumpulan data melaui tes pilihan ganda dan uraian, observasi, dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalur pada taraf signifikansi 5% melalui bantuan aplikasi SPSS 16. Hasil uji hipotesis anava dua jalur untuk pengaruh model terhadap hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,314 pada ranah kognitif, 0,032 pada ranah psikomotor, dan 0,038 pada ranah afektif. Hasil uji hipotesis anava dua jalur untuk pengaruh kemampuan akademik terhadap hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,065 pada ranah kognitif, 0,969 pada ranah psikomotor, dan 0,528 pada ranah afektif. Hasil uji hipotesis anava dua jalur untuk interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif masing-masing sebesar 0,315; 0,449; dan 0,589. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) model pembelajaran konstruktiviskolaboratif berpengaruh nyata terhadap hasil belajar ranah psikomotor dan afektif siswa, 2) kemampuan akademik siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dan 3) interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : model Konstruktivis-Kolaboratif, kemampuan akademik, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:56
    Last Modified: 03 May 2014 17:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11902

    Actions (login required)

    View Item