UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IA 1 SMA NEGERI 1 KAUMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Prabowo, Bastian Dian (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IA 1 SMA NEGERI 1 KAUMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (641Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Bastian Dian Prabowo. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IA 1 SMA NEGERI 1 KAUMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya O’Brien pada siswa kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya O’Brien pada siswa kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Kauman, Ponorogo, melalui media pembelajaran audio visual. Dan siklus kedua dilaksanakan sebagai refleksi dari pelaksanaan siklus pertama. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 5 siswa putra dan 19 siswa putri. Sumber data dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa untuk mendapatkan data tentang tolak peluru gaya O’Brien dengan penggunaan media audio visual dan guru sebagai kolaborator untuk teman diskusi dalam tahap refleksi dan melihat tingkat keberhasilan penggunaan media audio visual pada pembelajaran tolak peluru gaya O’Brien di SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data adalah melalui instrument triangulasi dokumen meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. metode tes, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan mengumpulkan data setiap kegiatan observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: melalui video pembelajaran dalam pembelajaran tolak peluru gaya O’Brien dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo, Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja diawal, dari 24 siswa yang awalnya siswa mendapatkan ketuntasan 4 siswa 16.67% dan yang belum tuntas 20 siswa 83.33% meningkat pada siklus I menjadi 13 siswa 54.17% tuntas dan 11 siswa 57.83% belum tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa 79.17% tuntas dan 9 siswa 20.83% belum tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui video pembelajaran meningkatkan hasil belajar tolak peluru gayaO’Brien pada siswa kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo, Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya O’Brien, Media Audio-Visual SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo ABSTRACT Bastian Dian Prabowo. EFFORTS TO INCREASE LEARNING O’BRIEN SHOT PUT STYLE TROUGH AUDIO VISUAL MEDIA IN CLASS XI IA 1 SMA 1 KAUMAN PONOROGO ACADEMIC YEAR 2012/2013. Thesis, Faculty of Theacher Training and Education Sebelas Maret University. April 2013. The Purpose of this research is to improve learning outcomes O’Brien shot put style in class XI IA 1 SMA 1 Kauman Ponorogo academic year 2012/2013. This research is a class act. The experiment was conducted in two cycles, the first cycles was conducted to determine improved learning outcomes O’Brien shot put style in class XI IA 1 SMA 1 KAUMAN PONOROGO. Learning trough audio-visual media. And the second cycle executed as a reflection of the implementation of the first cycle. The subjects were students of class XI IA 1 SMA 1 KAUMAN PONOROGO, amounting to 24 students consisting of 5 boys and 19 girl students. Sources of data in this classroom action research is to obtain data on student shot put O’Brien style with the use of audio-visual media and teachers as collaborators for a friend in the discussion stage and see the reflection of the success rate of the use of audio visual media in learning styles O’Brien shot put in SMA 1 KAUMAN PONOROGO Academic year 2012/2013. Techniques of data collection is trough triangulation instrument document include interview, observation, and documentation. Test methods, and methods of documentation. Analysis of the data by collecting data every observation and analyzed descriptively using percentage techniques to see trends in learning activities. Based on this result we concluded that: trough video learning styles in the shot put O’Brien learning can improve learning outcomes In class XI IA 1 SMA 1 KAUMAN PONOROGO, academic year 2012/2013. This is evident from the results of performance test at the beginning, of the 24 students who initially student gain mastery 16.67% 4 students and students who have not completed 20. 83.33% increase in the first cyrcle to 13 student 54.17% completed and 11 students 57.83% and the cycles has not been completed. Second cycles increased to 19 student completed 79.17% and 20.83% has not been completed. Conclusion of this research is trough video lessons improve learning outcomes shot put O’Brien style in class XI IA 1 SMA 1 KAUMAN PONOROGO, academic year 2012/2013. Keywords: O’Brien shot put style learning, Audio Visual, SMA 1 KAUMAN PONOROGO

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:57
    Last Modified: 03 May 2014 17:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11897

    Actions (login required)

    View Item