Sintesis Supramolekul C-4-Furilkaliks[4]Resorsinarena Berbahan Dasar Limbah Ampas Tebu Sebagai Adsorben Logam Beracun Pb(II) Dan Cd(II)

Utomo, Suryadi Budi and Susilowati, Endang (2011) Sintesis Supramolekul C-4-Furilkaliks[4]Resorsinarena Berbahan Dasar Limbah Ampas Tebu Sebagai Adsorben Logam Beracun Pb(II) Dan Cd(II). .

[img] Microsoft Word (Ampas tebu, 2-furfuraldehida, C-4-furilkaliks[4]resorsinarena, adsorben, kation logam beracun) - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis senyawa supramolekul berupa C-4-furilkaliks[4]resorsinarena dengan menggunakan limbah ampas tebu yang tersedia melimpah di dalam negeri sebagai bahan dasar. Senyawa target sentesis tersebut termasuk kelompok molekul makrosiklik, seperti krown eter dan siklodekstrin. Kelompok senyawa ini memiliki beberapa gugus aktif yang tertata dalam suatu geometri molekul unik, yaitu berbentuk seperti vas atau jambangan bunga sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai molekul inang (host) bagi kation, anion dan molekul netral. Telah diketahui bahwa beberapa kation logam berat seperti Pb2+ dan Cd2+ memiliki daya toksisitas tinggi yang berdampak buruk pada kesehatan manusia. Dilandasi oleh kenyataan tersebut maka pada penelitian ini dilakukan sintesis adsorben logam beracun Pb(II) dan Cd(II) berupa supramolekul C-4 furilkaliks[4]resorsinarena dengan menggunakan 2-furfuraldehida dari limbah ampas tebu yang tersedia melimpah di dalam negeri sebagai bahan dasar. Sintesis C-4-furilkaliks[4]resorsinarena dari limbah ampas tebu telah dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut: (1) isolasi pentosan dari ampas tebu melalui ekstraksi kontinyu menggunakan pelarut toluena-etanol, (2) sintesis 2-furfuraldehida dari pentosan dengan melibatkan proses hidrolisis dan dehidrasi oleh adanya katalis asam, (3) pemurnian 2-furfuraldehida dengan menggunakan teknik ekstraksi pelarut serta distilasi vakum, dan (4) kondensasi 2-furfuraldehida dengan resorsinol menggunakan katalis asam menghasilkan C-4-furilkaliks[4]resorsinarena. Produk 2-furfuraldehida diperoleh sebanyak 11,47% yang memberikan reaksi positif terhadap reagen anilin asetat, sedangkan C-4-furilkaliks[4]resorsinarena didapatkan sebagai padatan coklat kehitaman sebanyak 73,25% dengan titik lebur 375-377oC. Berdasarkan analisa dengan menggunakan spektrometer 1H-NMR menunjukkan bahwa senyawa C-4- furilkaliks[4]resorsinarena cenderung berada dalam konformasi mahkota.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 18 Apr 2014 01:32
    Last Modified: 18 Apr 2014 01:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11878

    Actions (login required)

    View Item