PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN PERMAINAN WORD SQUARE DAN CROSSWORD TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Qonitah , Fadilah (2013) PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN PERMAINAN WORD SQUARE DAN CROSSWORD TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (243Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif TGT dengan permainan word square dan crossword terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sistem Periodik Unsur, 2) Pengaruh kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sistem Periodik Unsur, 3) Interaksi antara penggunaan pembelajaran kooperatif TGT disertai permainan word square dan crossword dengan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sistem Periodik Unsur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen I (metode TGT dengan permainan word square) dan kelas eksperimen II (metode TGT dengan permainan crossword). Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik ANAVA 2 jalan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif TGT dengan permainan word square dan crossword terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif TGT dengan permainan wordsquare dan crossword terhadap prestasi belajar afektif pada materi pokok Sistem Periodik Unsur 2) Terdapat pengaruh kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi tidak terdapat pengaruh kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar afektif pada materi pokok Sistem Periodik Unsur 3) Tidak ada interaksi antara penggunaan pembelajaran kooperatif TGT disertai permainan word square dan crossword dengan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif pada materi pokok Sistem Periodik Unsur. Kata kunci: TGT, Word square, Crossword, Kemampuan Memori, Prestasi Belajar, Materi Sistem Periodik Unsur

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 17 Apr 2014 23:51
    Last Modified: 17 Apr 2014 23:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11842

    Actions (login required)

    View Item