PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KARAOKE NAV DAERAH KECAMATAN JEBRES SURAKARTA TAHUN 2013

WICAKSONO, HENDRA DWI (2013) PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KARAOKE NAV DAERAH KECAMATAN JEBRES SURAKARTA TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1059Kb) | Preview

    Abstract

    Hendra Dwi Wicaksono. EFFECT OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TO THE CUSTOMER SATISFACTION OF NAV KARAOKE JEBRES SURAKARTA IN THE YEAR OF 2013. Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, October 2013. The purposes of this research were to determine (1) whether the Total Quality Management (TQM) variables, which consists of customer focus, quality obsession, teamwork, and the involvement and empowerment of employees have significant effect simultaneously to the customer satisfaction of NAV Karaoke Jebres Surakarta, (2) whether the Total Quality Management (TQM) variables, which consists of customer focus, quality obsession, teamwork, and involvement and empowerment of employees have significant effect partially to the customer satisfaction of NAV Karaoke Jebres Surakarta. The research method used descriptive quantitative method. Population as subjects in this research is the customers of NAV Karaoke Jebres Surakarta. Sampling used in this study is quota sampling and accidental sampling. Because the population is infinite population (population that not known number of population certainty), and based on the opinion of Joseph F. Hair the researcher determined the sample size was 80 respondents. Samples in this study are visitors / people who use the services of NAV Karaoke Jebres Surakarta who met by chance. Try out made to the 30 peoples outside the sample of respondents, with result that 45 of 48 items are valid and reliable. The data analysis technique used the technique of multiple linear regression analysis. Based on the results of this research can be concluded that (1) there is effect of Total Quality Management (TQM) to the customer satisfaction. This reflected by the F test results that obtained probability value of 0.000. Because the probability value (0.000) is smaller than 0.05, then Ho is rejected, so that it can be concluded that the variable of Total Quality Management (TQM), which consists of customer focus, quality obsession, teamwork, the involvement and empowerment of employees affected simultaneously to the customer satisfaction; (2) variable of customer focus has a significance level of 0.036, the quality obsession variable has a significance level of 0.003, the teamwork variable has a significance level of 0.012, the involvement and empowerment of employee variable has a significance level of 0.026. Therefore the probability (customer focus, quality obsession, teamwork, and the involvement and empowerment of employees) is smaller than 0.05, it can be argued that the variables of (customer focus, quality obsession, teamwork, and involvement and empowerment of employee) partially effect to the consumer purchasing decisions. Keywords: Total Quality Management (TQM), customer satisfaction Hendra Dwi Wicaksono. PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KARAOKE NAV DAERAH KECAMATAN JEBRES SURAKARTA TAHUN 2013, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Oktober 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah variable- variabel Total Quality Management (TQM) yang terdiri dari fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim (teamwork), dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Karaoke NAV Kecamatan Jebres Surakarta secara simultan (bersama-sama), (2) apakah variabel-variabel Total Quality Management (TQM) yang terdiri dari fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim (teamwork) dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan karaoke NAV Kecamatan Jebres Surakarta secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi sebagai subyek dalam penelitian ini adalah pelanggan karaoke NAV Kecamatan Jebres Surakarta. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling dan accidental sampling. Karena dalam penelitian ini populasinya merupakan populasi infinit (populasi yang tidak diketahui jumlah populasinya secara pasti), maka berdasarkan pendapat dari Joseph F. Hair peneliti menetapkan jumlah sampel adalah 80 responden. Dalam penelitian ini sampelnya adalah pengunjung/ orang yang menggunakan jasa karaoke NAV Kecamatan Jebres Surakarta yang ditemui secara kebetulan. Try out dilakukan terhadap 30 responden di luar sampel, dengan hasil 45 item soal valid dan reliabel dari 48 item soal yang ditry-outkan. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini tercermin dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. Karena nilai probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Total Quality Management (TQM) yang terdiri dari : fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim (teamwork), adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan pelanggan. (2) hasil perhitungan data untuk variabel fokus pada pelanggan memiliki tingkat signifikansi 0,036, variabel obsesi terhadap kualitas memiliki tingkat signifikansi 0,003, variabel kerjasama tim (teamwork) memiliki tingkat signifikansi 0,012, variabel adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan memiliki tingkat signifikansi 0,026. Oleh karena probabilitas (fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim (teamwork) dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan) lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikemukakan bahwa variabel (fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen. Kata kunci: Total Quality Management (TQM), kepuasan pelanggan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 17 Apr 2014 22:56
    Last Modified: 17 Apr 2014 22:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11833

    Actions (login required)

    View Item