PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B TK KLANDUNGAN I NGARAMPAL SRAGEN SEMESTER II TAHUN AJARAN 2012/2013

, TRISNIANINGSIH (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B TK KLANDUNGAN I NGARAMPAL SRAGEN SEMESTER II TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (432Kb) | Preview

    Abstract

    Trisnianingsih. THE CONTEXTUAL LEARNING MODEL IMPLEMENTATION TO IMPROVE SPEAKING ABILITY FOR THE GROUP B STUDENTS OF KLANDUNGAN 1 KINDERGARTEN NGRAMPAL SRAGEN SEMESTER II ACADEMIC YEAR 2012/2013. Research Paper. Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University.Surakarta, July. 2013. The aim of this study is to improve speaking ability for the Group B students of Klandungan 1 Kindergarten Ngrampal Sragen by implementing the contextual learning model. The form of this research is Classroom Action Research (CAR). This research consists of two cycles; every cycle is established for planning, action, observation, and reflection. The subject of this research is the student of Group B Klandungan 1 Kindergarten Ngrampal Sragen with 18 students. The data sources are teacher and students. The data collection techniques are interview, observation, test, and the document analysis. The data validity uses data triangulation and method. The data analysis techniques are interactive analysis model covering data reduction, data serve, and conclusion. The research procedure is the correlative spiral model. The result shows that by implementing the contextual learning model can improve the speaking ability for the Group B students of Klandungan 1 Kindergarten Ngrampal Sragen from the beginning condition 6 students (33,33%), in the first cycle becomes 11 students (61,11%), and in the second cycle becomes 15 students (83,33%). The conclusion of this research is the contextual learning model implementation can improve the speaking ability the Group B students of Klandungan 1 Kindergarten Ngrampal Sragen Academic Year 2012/2013. Key Words : contextual learning model, speaking abili Trisnianingsih, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B TK KLANDUNGAN I NGRAMPAL SRAGEN SEMESTER II TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok B TK Klandungan I Ngampal Sragen dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B TK Klandungan I Ngrampal Sragen yang berjumlah 18 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes, dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan metode. Analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak TK Klandungan I Ngrampal Sragen dari kondisi awal 6 anak (33,33%), Siklus I menjadi 11 anak (61,11%) dan Siklus II menjadi 15 anak (83,33%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok B TK Klandungan I Ngrampal Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Kata kunci: model pembelajaran kontekstual, kemampuan berbicara

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 17 Apr 2014 22:49
    Last Modified: 17 Apr 2014 22:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11828

    Actions (login required)

    View Item