Model Peran EEP pada Perilaku Entrepreneurial dan Kepuasan Kinerja (Studi pada Pengusaha dan Perajin Batik di Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen)

Riani, Asri Laksmi and Sawitri, Hunik Sri Runing and Rahmawati, (2012) Model Peran EEP pada Perilaku Entrepreneurial dan Kepuasan Kinerja (Studi pada Pengusaha dan Perajin Batik di Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Di Indonesia, tingkat pengangguran masih relatif tingggi meskipun periode tiga tahun setelah krisis 2008 (2008-2010) secara relatif cenderung menurun. Upaya untuk memecahkan permasalahan tingginya tingkat pengangguran, kemiskinan dan rendahnya daya saing bangsa dapat dilakukan dengan meningkatkan pendidikan maupun budaya berwirausaha. Peningkatan pendidikan diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan wirausaha/pengusaha untuk dapat menguasai pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja secara profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model keterkaitan program pendidikan kewirausahaan (EEP) pada sikap, norma subyektif, persepsi kontrol perilaku dan selanjutnya mempengaruhi niat untuk berwirausaha dan menentukan perilaku berwirausaha. Penelitian ini juga menguji dan mengembangkan model program pendidikan kewirausahaan (EEP) pada kepuasan inovasi serta pada kepuasan kinerja. Penelitian ini dilakukan di tiga wilayah, yaitu Kota Surakarta, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Karanganyar. Responden dalam penelitian ini adalah pengusaha dan perajin batik di tiga wilayah tersebut yang sudah memiliki usaha selama minimal satu tahun. Dipilihnya pengusaha dan perajin batik, karena usaha batik telah ada dan berkembang di Surakarta dan sekitarnya termasuk di kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1). Program pendidikan kewirausahaan (EEP) berpengaruh positif pada sikap kewirausahaan, norma subyektif, persepsi kontrol perilaku serta kepuasan inovasi 2). Sikap kewirausahaan, norma subyektif dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh positif pada niat untuk berwirausaha, 3). Niat untuk berwirausaha tidak berpengaruh pada perilaku berwirausaha, 4). Kepuasan inovasi berpengaruh positif pada kepuasan kinerja, 5). Perilaku berwirausaha tidak berpengaruh pada kepuasan kinerja.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 17 Apr 2014 22:01
    Last Modified: 17 Apr 2014 22:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11797

    Actions (login required)

    View Item