Potensi Tenaga Kerja Indonesia Purna Penempatan Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi melalui Pemberdayaan TKI Purna Mandiri Di Subosukawonosraten

Mafruhah, Izza and Rahayu, Siti Aisyah Tri and Istiqomah, Nurul (2012) Potensi Tenaga Kerja Indonesia Purna Penempatan Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi melalui Pemberdayaan TKI Purna Mandiri Di Subosukawonosraten. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk pertama mengetahui faktor –faktor utama yang dihadapi oleh TKI purna dalam upaya pengembangan potensi produktif yang dimilikinya. Kedua mengidentifikasikan hambatan dan kendala yang dimiliki oleh TKI purna yang bisa dimanfaatkan sebagai upaya peningkatan ekonomi secara mandiri. Ketiga mengembangkan model yang tepat bagi pemberdayaan ekonomi TKI purna. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logit dengan variable dummy yaitu TKI purna yang berwirausaha dan yang tidak, dengan variable independent, pendidikan, pendapatan TKI, usia, jumlah tanggungan keluarga dan biaya saat keberangkatan. Penelitian ini menggunakan 50 responden TKI purna di wilayah eks karesidenan Surakarta. Hasil pengolahan data di lapangan menunjukkan bahwa faktor yang secara significant berpengaruh terhadap TKI purna untuk berwirausaha adalah usia, pendidikan dan biaya keberangkatan dengan tingkat significantie 10%. Untuk menjawab tujuan kedua diketahui bahwa kendala yang paling utama TKI tidak berani melakukan kegiatan usaha adalah, kurangnya ketrampilan, minimnya permodalan yang bisa dikumpulkan dan ketidaktahuan usaha apa yang akan dilakukan. Sedangkan untuk tujuan ketiga maka sebelum menentukan model pengembangan harus diidentifikasikan terlebih dulu langkah yang harus dilakukan yaitu (1) Melakukan rehabilitasi sosial budaya bagi TKI purna, (2) Pelatihan kewirausahaan, meliputi 3 aspek yaitu produksi, pemasaran dan manajemen sederhana khususnya dalam hal keuangan. (3) Pembukaan akses permodalan (4) Pengembangan jejaring khususnya dengan supplier dan pengusaha sejenis.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 17 Apr 2014 21:41
    Last Modified: 17 Apr 2014 21:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11787

    Actions (login required)

    View Item