IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS TERPADU (Studi Kasus Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kebakkramat dan SMP Negeri 3 Kebakkramat Tahun 2013)

PUTRI, RATIH ALFINA (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS TERPADU (Studi Kasus Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kebakkramat dan SMP Negeri 3 Kebakkramat Tahun 2013). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (359Kb) | Preview

    Abstract

    Ratih Alfina Putri. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS TERPADU (Studi Kasus Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kebakkramat dan SMP Negeri 3 Kebakkramat Tahun 2013). Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kebakkramat dan SMP Negeri 3 Kebakkramat. (2) pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 kebakkramat dan SMP Negeri 3 Kebakkramat. (3) hambatan yang ditemui dalam pembelajaran IPS Terpadu dan mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru IPS. Bentuk penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini digunakan strategi studi kasus terpancang tunggal. Sumber data yang digunakan adalah sumber benda, tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Dalam penelitian ini, untuk mencari validitas data digunakan dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu proses analisis yang bergerak di antara empat komponen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan, yang berlangsung secara siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Guru IPS di SMP Negeri 1 Kebakkramat dan SMP Negeri 3 Kebakkramat menyusun perencanaan dalam bentuk Silabus dan RPP, disusun setiap awal semester dan berfungsi sebagai pedoman pembelajaran serta pelengkap administratif. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu sudah dilaksanakan tetapi belum maksimal, diketahui dari pembagian tugas guru mata pelajaran IPS yang masih terpisah dan penyusunan RPP yang disusun per-mata pelajaran, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru IPS telah mengembangkan Silabus dan RPP dengan penggunaan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan soal, dan penugasan, model pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah model kooperatif (cooperative learning). (3) Hambatan yang sering muncul adalah guru kurang memahami materi ke-IPS-an secara utuh, membutuhkan persiapan waktu yang lama, upaya yang dilakukan dengan mengikuti pelatihan secara teknis melalui sosialisasi yang didapat dari pusat dan guru melakukan pertemuan di dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kata kunci : implementasi, pembelajaran IPS terpadu Ratih Alfina Putri. The Implementation of Integrated Social Studies Learning (A Case Study on Integrated Social Studies Learning Implementation in the VIII Grade of SMP Negeri 1 Kebakkramat and SMP Negeri 3 Kebakkramat in 2013). Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University. July 2013. The aim of this study is to determine: (1) the Social Studies lesson plan in SMP Negeri 1 Kebakkramat and SMP Negeri 3 Kebakkramat, (2) the implementation of Integrated Social Studies learning in SMP Negeri 1 Kebakkramat and SMP Negeri 3 Kebakkramat, and (3) the constraints encountered in integrated Social Studies learning and to find out the attempt taken of sosial studies teachers to overcome them. This research was descriptive qualitative research. The descriptive qualitative research concerns with recent event and bring out descriptive data of certain people or certain behavior that be done special observation. this research applied one stake research strategy. The data were possessions, places, events, informant, and document. The techniques of colleting data were done by observation, interviewing, and analyzing document. It also used purposive and snowball sampling. in getting data validity, it applied techniques of trianggulation data and trianggulation method. This research applied interactive analysis in analyzing the data. Interactive analysis is a cyclical process that concerns in data reduction, the presentation of data, and data verification. Based on this research can be concluded that: (1) Social Studies teachers in SMP Negeri 1 Kebakkramat and SMP Negeri 3 Kebakkramat develop plan in the form of Syllabus and RPP (Learning Implementation Plan), organized in the beginning of semester and functioning as the learning guidelines and administrative complement. (2) The implementation of Integrated Social Studies learning can be implemented but not maximally, as could be seen from the separated job description of Social Studies subject teacher and RPP development conducted per subject; in implementing the learning activity, the Social Studies teachers had develop syllabus and RPP using lecturing method, debriefing, discussion, exercise, and assignment; the learning model frequently used by the teacher is cooperative learning model. (3) The constraints frequently occurring were the teacher less understood the Social Studies material completely, it took long time for preparation; the attempts taken were to attend the technical training through socialization obtained from the central and teacher holds meeting in the forum of Subject Teacher Discussion (MGMP). Keyword: Implementasion, integrated sosial studies

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 17 Apr 2014 21:37
    Last Modified: 17 Apr 2014 21:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11780

    Actions (login required)

    View Item