Model Keadilan dalam Penilaian Kinerja Mahasiswa sebagai Anteseden Pengaruh Komitmen pada Kinerja: Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi

Sawitri, Hunik Sri Runing and Riani, Asri Laksmi and Cahyadin, Malik and Novela Q.A., Intan (2012) Model Keadilan dalam Penilaian Kinerja Mahasiswa sebagai Anteseden Pengaruh Komitmen pada Kinerja: Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pentingnya keadilan dalam penilaian kinerja/evaluasi hasil pembelajaran yang dipersepsikan mahasiswa yang kemudian menumbuhkan komitmen mahasiswa pada dosen, sehingga mahasiswa berkinerja baik. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Sebelas Maret dari berbagai fakultas yang telah mengalami PBK (Pembelajaran Berbasis Kompetensi) dengan pengambilan sampel secara stratified sampling. Confirmatory Factor Analysis (CFA) digunakan untuk uji validitas instrumen, sedangkan uji reliabilitas digunakan Cronbach Alpha. Uji Hipotesis dilakukan dengan analisis regresi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa komitmen pada dosen tidak secara signifikan mempengaruhi kinerja mahasiswa. Demikian juga ketika keadilan distributif maupun keadilan prosedural dikontrol komitmen juga tidak berpengaruh secara signifikan pada kinerja mahasiswa. Sementara keadilan prosedural dan keadilan distributif secara signifikan mempengaruhi komitmen mahasiswa pada dosen.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 17 Apr 2014 21:12
    Last Modified: 17 Apr 2014 21:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11766

    Actions (login required)

    View Item