PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rejeki, Guyub Sri (2013) PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (988Kb) | Preview

    Abstract

    Guyup Sri Rejeki. K3309043. “PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 16 Juli 2013. Penelitian pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi peta konsep ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 4 SMA negeri 5 Surakarta, (2) prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari kenaikan persentase siswa dengan kategori aktivitas tinggi pada siklus I sebesar 50% menjadi 82,14 % pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pada aspek kognitif ketuntasan siswa pada siklus I 46,43% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dari aspek afektif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase dari 60,71% pada siklus I menjadi 71,42% pada siklus II. Pada aspek psikomotor mencapai 75%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi peta konsep dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta, (2) prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Kata kunci : penelitian tindakan kelas, team assisted individualization, peta konsep, aktivitas belajar, prestasi belajar Guyup Sri Rejeki. K3309043. “TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) INSTRUCTION WITH CONCEPT MAPPING TO IMPROVE THE STUDENT’S ACTIVITY AND STUDENT’S ACHIEVEMENT ON SOLUBILITY AND SOLUBILITY PRODUCT OF CLASS XI SCIENCE 4 SMA NEGERI 5 SURAKARTA ON ACADEMIC YEAR 2012/2013”. Minor Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University, 16 Juli 2013. The purpose of Team Assisted Individualization (TAI) instruction with concept mapping were to improve: (1) the student’s activity of learning on the subject of solubility and solubility product, (2) the Student’s achievement of learning on the subject of solubility and solubility product. This was a classroom action research which was held in two cycles. The implementation phase of the cycle, consist of planning, acting, observing, and reflecting. The research subject was the student of class XI science 4 of SMA Negeri 5 Surakarta academic year 2012/2013. Data was obtained through interviews, observation, tests, and questionnaires. The data were analyzed using technique of qualitative descriptive analysis. The research’s results showed that Team Assisted Individualization (TAI) instruction with concept mapping can improve student’s activity and student’s achievement of learning on the subject of solubility and solubility product. The improvement student’s activity could be seen from the result which in the first cycle gained 50% and the second cycle gained 82,14%. While student’s achievement learning outcomes progress could be seen from cognitive, affective and psychomotor aspect. In the cognitive, student mastery learning from 46,43% in the first cycle increased to 100% in the second cycle. From the affective aspect indicates that there is an increased percentage of 60,71% in the first cycle to 71,42% in the second cycle, while the psychomotor aspects percentage gained 75%. The conclusion of the research were Team Assisted Individualization (TAI) instruction with concept mapping could improve: (1) the student’s activity of learning on the subject of solubility and solubility product of class XI Science 4 SMA Negeri 5 Surakarta, (2) the student’s achievement of learning on the subject of solubility and solubility product of class XI Science 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Key word : classroom action research, team assisted individualization, concept mapping, students’ activity, students’ achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 17 Apr 2014 21:11
    Last Modified: 17 Apr 2014 21:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11763

    Actions (login required)

    View Item