PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)DENGAN PERMAINAN WORD SQUAREDAN CROSSWORDTERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Qonitah, Fadilah and Mulyani, Bakti and Susilowati, Endang (2013) PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)DENGAN PERMAINAN WORD SQUAREDAN CROSSWORDTERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (2). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (410Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif TGT dengan permainan word square dan crossword terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sistem Periodik Unsur, (2) Pengaruh kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sistem Periodik Unsur, (3) Interaksi antara penggunaan pembelajaran kooperatif TGT disertai permainan word square dan crossword dengan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sistem Periodik Unsur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian desain faktorial 2 x 2. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik anava 2 jalan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif TGT dengan permainan word square dan crossword terhadap prestasi belajar kognitif , akan tetapi tidak terdapat perbedaan pengaruhnya terhadap prestasi belajar afektif pada materi pokok Sistem Periodik Unsur. (2) Terdapat pengaruh kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar kognitif, akan tetapi tidak terdapat pengaruhnya terhadap prestasi belajar afektif pada materi pokok Sistem Periodik Unsur. (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan pembelajaran kooperatif TGT disertai permainan word square dan crossword dengan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif pada materi pokok Sistem Periodik Unsur. Kata kunci: TGT, Word square, Crossword, Kemampuan Memori, Materi Sistem Periodik Unsur

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:33
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11753

    Actions (login required)

    View Item