Baskoro, Febri and Saputro, Sulistyo and Hastuti, Budi (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER)DILENGKAPI LKS PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA-3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (2). ISSN 2337-9995
![]()
| PDF - Published Version Download (400Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) Penerapan model pembelajaran NHT dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA-3 pada materi Termokimia. 2) Penerapan model pembelajaran NHT dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-3 pada materi Termokimia. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2012/ 2013. Data penelitian yang diambil berupa prestas i belajar kognitif, afektif, aktivitas belajar siswa serta kepuasan belajar siswa sebagai gambaran tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes prestasi kognitif , angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan: 1) Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Termokimia. 2) Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together ) dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar materi Termokimia. Kata kunci: Numbered Head Together, penelitian tindakan kelas, aktivitas dan prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Faisal Dharma Adhinata |
Date Deposited: | 20 Apr 2014 02:34 |
Last Modified: | 20 Apr 2014 02:34 |
URI: | https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11748 |
Actions (login required)
View Item |