PENJADWALAN PROSES PRODUKSI KAIN PRINTING INDO ABADI DALAM USAHA EFEKTIFITAS PRODUK PADA PT. SARI WARNA ASLI I TEKSTIL INDUSTRI

, Sunarno (2013) PENJADWALAN PROSES PRODUKSI KAIN PRINTING INDO ABADI DALAM USAHA EFEKTIFITAS PRODUK PADA PT. SARI WARNA ASLI I TEKSTIL INDUSTRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (767Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Sari Warna Asli didirikan pada tanggal 21 Desember 1977, yang bergerak dalam bidang pembuatan tekstil secara tradisional. Pada saat itu pula dimana PT. Sari Warna Asli sudah bergerak dalam perdagangan produk-produk tekstil dalam lingkup pasar domestik. Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk menganalisis tentang penjadwalan proses produksi dan menentukan perkiraan waktu dari aktivitas kegiatan dalam proses produksi pembuatan kain printing Indo Abadi. Teknik pembahasan yang digunakan penelitian ini yaitu menggunakan analisis network, yang meliputi salah satunya dengan menggunakan metode PERT. Metode tersebut bertujuan untuk menentukan perkiraan waktu pada kegiatan-kegiatan proses produksi pembuatan kain printing Indo Abadi dan menentukan jalur kritis dari setiap kegiatan.Dari pembahasan melalui beberapa metode dapat diketahui hasil pembahasan yaitu pada masing-masing kegiatan. Perkiraan waktu penjadwalan proses produksi pembuatan kain Indo Abadi pada PT. Sari Warna yaitu sebesar 25,56 jam. Dan diketahui dua jalur kritis dimana jalur kritis 1 menghabiskan waktu 23,1 jam, jalur kritis 2 menghabiskan waktu 22,9 jam dan jalur 3 menghabiskan waktu 20,94. Dilihat dari pembahasan masalah yang diahadapi pada PT. Sari Warna Asli I dapat ditarik kesimpulan secara singkat, Jalur kritis dari urutan masing- masing aktivitas kegiatan dalam proses produksi kain Indo Abadi untuk 1000 yard yaitu : A – D – E – F – G. Dengan waktu penyelesaian 23,1, sedangakan waktu yang di jadwalakan oleh perusahaan 25,56. Hal ini berarti ada selisih waktu pekerjaan sebesar 2,46 jam. PT. Sari Warna Asli I sebaiknya menggunakan metode yang lebih pasti, salah satunya dengan menggunakan analisis network dalam penyusunan dan penjadwalan waktu pengerjaan produksi kain Indo Abadi, disamping itu alangkah baiknya juga menggunakan metodePERT. Karena dengan metode ini PT. Sari Warna Asli I dapat menentukan perkiraan waktu masing-masing kegiatan, dapat menciptakan efisien waktu dan efektifitas produk yang diinginkan. Kata kunci : Penjadwalan, Proses Produksi, Metode PERT.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 17 Apr 2014 19:03
    Last Modified: 17 Apr 2014 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11741

    Actions (login required)

    View Item