IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) FISIKA UNTUK SMA/MA KELAS X POKOK BAHASAN GERAK LURUS

Susilawati, Trisni (2013) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) FISIKA UNTUK SMA/MA KELAS X POKOK BAHASAN GERAK LURUS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (632Kb) | Preview

    Abstract

    Trisni Susilawati. MISCONSEPTION IDENTIFICATION OF PHYSICS ELECTRONIC BOOK FOR SENIOR HIGH SCHOOL CLASS X CHAPTER STRAIGHT MOTION. Thesis, Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University. July 2013. The purpose of this research are to know (1) are there any potential concept which is missed (2) to percentage the concept which potentially missed and (3) another descriptions that is potential to cause the straight motion misconseption in the following physics elektronic books: (1) Joko Sumarsono, Fisika untuk SMA dan MA Kelas X (2) Sri Handayani dan Ari Damari, Fisika untuk SMA kelas X (3) Setya Nurachmandani, Fisika 1 untuk SMA/MA Kelas X first edition 2009 published by Pusat Perbukuan Kemendikbud. The research is based on qualitative descriptive technique. The object of this research is the concept of straight motion in any of the three books. The techniques of data collection in this research were done by literature, interview professional team and interview with the user of physics elektronic books to give true concept. The data is validated by using triangulasi technique. Data analysis technique that used in this research was a qualitative descriptive analysis that consist of four stages; data collection, data reduction, data display, and conclusions drawing and verifying. Based on data analysis can be concluded that: (1) the second book has misconception, while the first and third none misconception (2) the percentage of misconceptions on second book is 3,57% (3) There are other information that is potential to cause misconceptions, those are: correct concept, it can probably cause misconception, the concept is not complete, threre is no concept, the typewrite is not correct, the sentences must be recovered, the structure of languge must be recovered, the equation typewriting is recovered, the standard of terms and symbols must be recoverd, the drawing is not correct, the drawing adddition and the drawing information is recovered of straight motion in the three electronic books first edition 2009 published by Pusat Perbukuan Kemendikbud. Keyword: misconception, physics elektronic books, straight motion Trisni Susilawati. IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) FISIKA UNTUK SMA/MA KELAS X POKOK BAHASAN GERAK LURUS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ada atau tidak adanya konsep yang berpotensi menjadi miskonsepsi (2) besarnya prosentase konsep yang berpotensi menjadi miskonsepsi dan (3) ada atau tidak adanya indikasi keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi Gerak Lurus dalam buku sekolah elektronik berikut ini: (a) Buku I: Joko Sumarsono, Fisika untuk SMA dan MA Kelas X (b) Buku II: Sri Handayani dan Ari Damari, Fisika untuk SMA kelas X (c) Buku III: Setya Nurachmandani, Fisika 1 untuk SMA/MA Kelas X cetakan pertama tahun 2009 yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemendikbud. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah konsep Gerak Lurus di dalam ketiga buku tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, wawancara tim ahli dan wawancara dengan pengguna BSE untuk mendapatkan konsep yang benar. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada miskonsepsi pada buku II sedangkan buku I dan buku III tidak terdapat miskonsepsi. (2) besarnya prosentase miskonsepsi pada buku karangan Sri Handayani dan Ari Damari adalah 3,57% (3) diidentifikasi keterangan lainnya meliputi: konsep benar, konsep yang memungkinkan terjadinya miskonsepsi, konsep tidak lengkap, konsep tidak ada, konsep salah ketik, sistematika struktur kalimat diperbaiki, struktur bahasa diperbaiki, penulisan perumusan diperbaiki, keterangan perumusan diperbaiki, kebakuan istilah dan simbol diperbaiki, salah gambar, penambahan gambar dan perbaikan gambar konsep Gerak Lurus dalam ketiga BSE cetakan pertama tahun 2009 yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemendikbud. Kata Kunci: miskonsepsi, buku sekolah elektronik, gerak lurus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 17 Apr 2014 18:24
    Last Modified: 17 Apr 2014 18:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11728

    Actions (login required)

    View Item