PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP NIAT BELI MAHASISWA SEBAGAI KONSUMEN POTENSIAL PRODUK HAND SANITIZER

Kustati, Fatimah Dwi (2013) PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP NIAT BELI MAHASISWA SEBAGAI KONSUMEN POTENSIAL PRODUK HAND SANITIZER. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (235Kb) | Preview

    Abstract

    Washing hand is a simple ritual and it can actually decrease the risks of infection diseases spreading up to 50 %. However, it is not always easy to find clean water and soap for washing hand. Hence, hand sanitizer products are introduced to publics to ease people for washing hand. This research is conducted to find out the influences of attitudes and subjective norms either partially or concurrently owards colleg student's purchese desire in hand sanitizer products. This study belongs to descriptive research. It is a survey of 120 college students as respondents who are taken using judgemental sampling method. The primary data is gained through questionnaire and analyzed using validity and reliability test, classic assumption test, F test, t test, determination coefficient, and multiple regression analysis. The results of this research shows that variable of attitudes partially give positive and significant influences towards the purchase desire having signification value (P value ) 0,000<0,05. Subjective norms partially is not give significant influences towards the purchase desire with signification value (P value ) 0,996>0,05. Concurrently, the attitudes and subjective norms positively and significantly influence to purchase desire. It has F count 13,547 and the signification (P value ) 0,000<0,05. Besides, it is acquired the determination coefficient value 0,174 which means 17,4% of desire variable change can be explained by attitudes and subjective norms. Keywords: attitude, subjective norm, purchase desire, hand sanitizer Mencuci tangan merupakan ritual yang sederhana dan dapat mengurangi resiko penularan penyakit infeksi hingga 50%. Namun, karena tidak selalu mudah menemukan air bersih dan sabun maka diperkenalkanlah produk hand sanitizer untuk mempermudah aktivitas seseorang dalam urusan cuci tangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari sikap dan norma subyektif baik secara parsial maupun bersamaan terhadap niat beli mahasiswa pada produk hand sanitizer. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, berupa penelitian survey dengan responden sebanyak 120 mahasiswa yang diambil dengan metode judgemental sampling. Data primer dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, uji t, koefisien determinasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan nilai signifikasi (P value ) 0,000<0,05. Norma subyektif secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli dengan nilai signifikasi (P value ) 0,996>0,05. Secara bersama- sama sikap dan norma subyektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan F hitung sebesar 13,547 dan signifikasi (P value ) 0,000<0,05. Selain itu juga diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,174 yang artinya 17,4% perubahan variabel niat dapat dijelaskan oleh variabel sikap dan norma subyektif. Kata Kunci: Sikap, Norma Subyektif, Niat Beli, Hand Sanitizer

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 17 Apr 2014 18:07
    Last Modified: 17 Apr 2014 18:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11720

    Actions (login required)

    View Item