PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE5E BERBANTUAN MACROMEDIA FLASHDILENGKAPI LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA KELAS VIII SMPN 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Asiyah, Siti and Mulyani, Sri and Nurhayati, Nanik Dwi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE5E BERBANTUAN MACROMEDIA FLASHDILENGKAPI LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA KELAS VIII SMPN 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (2). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (691Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan macromedia flash dilengkapi LKS dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan zat adiktif dan psikotropika, dan penerapan pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan macromedia flash dilengkapi LKS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan zat adiktif dan psikotropika. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Data penelitian berupa prestasi belajar kognitif, afektif dan aktivitas siswa. Pengumpulan d ata dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I berdasarkan observasi sebesar 69,02% dan siklus II sebesar 77,60% (meningkat 8,58%) dan berdasarkan angket pada siklus I sebesar 72,33% sedangkan siklus II sebesar 75,60% (meningkat 3,27%). Prestasi belajar siswa pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa adalah 69,56% dengan rata -rata nilai 81 dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 82,61% dengan rata -rata nilai 84,34. Sedangkan aspek afektif, ketercapaian rata-rata indikator adalah 66, 90% pada siklus I dan 70% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disim pulkan bahwa penerapan pembelajaran learning cycle 5E berbantuan macromedia flash dilengkapi LKS pada pokok bahasan zat adiktif dan psikotropika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIG SMP Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2011/ 2 012 pada pembelajaran IPA. Kata Kunci : learning cycle 5E, macromedia flash, LKS, Prestasi Belajar, zat adiktif dan psikotropika

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:35
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11709

    Actions (login required)

    View Item